oleh

Kabupaten Bandung Dilanda Kekeringan, PWI Bagikan Air Bersih

BandungKita.id, KATAPANG – Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI) Kabupaten Bandung bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung, melakukan aksi peduli warga yang membutuhkan air bersih.

Kegiatan bertajuk ” PWI Peduli Air Bersih ” tersebut dilaksanakan pada Rabu (9/10/2019),  dengan menyediakan 2 tangki mobil air bersih dari BPBD dan Disperkimtan, air bersih itu di bagikan langsung  pada warga yang membutuhkan di RT 03, RW 03 serta warga Komplek Halimun, Blok C. Desa Banyusari, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.

 

BACA JUGA :

Musim Kemarau, Suplai Air Bagi Pelanggan PDAM Tirta Raharja Belum Terganggu

 

Pemkab Bandung Siaga Musim Kemarau

 

 

Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat mengatakan, pembagian air bersih sesuai dengan amanat PWI pusat tentang PWI Peduli, lembaga baru yang khusus bergerak di bidang sosial.

“Sesuai dengan instruksi PWI Pusat, bahwa cabang di daerah harus membentuk PWI Peduli.  Kegiatannya menyangkut kegiatan sosial,” tutur Hilman didampingi ketua PWI Kab. Bandung, Rahmat Sudarmaji.

Hilman menginstruksi PWI Kab/Kota untuk segera membentuk PWI Peduli dan melaksanakan berbagai kegiatan sosial.

“bisa bantuan air bersih, seperti di PWI Kab. Bandung, pembagian sembako, atau menanam pohon, bahkan khitanan masal, ” harap Hilman.

Di Kabupaten Bandung kata Rahmat, PWI Peduli diaplikasikan dalam bentuk pembagian air bersih kepada masyarakat.

Dia menjelaskan berdasarkan pemberitaan di media, Kabupaten Bandung saat ini sedang dilanda kekeringan. Akibat kemarau berkepanjangan, sumber air jadi kering dan masyarakat kekurangan air bersih.

Bahkan, kata Rahmat banyak masyarakat meminta supaya dikirim air bersih.

“Atas suport dari PWI Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Bandung, hari ini kami menyalurkan air bersih kepada warga Desa Banyusari. Dalam waktu dekat, kami juga akan menyalurkan air bersih ke Desa Cilampeni yang juga kesulitan air bersih,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, dua tangki air bersih dari BPBD Kabupaten Bandung dan Disperkimtan berkeliling di sejumlah RW Desa Banyusari.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD, Akhmad Johara melalui Kasi. Logistik Asep Mahmud mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung program PWI Peduli ini, mengingat dimusim kemarau Kabupaten Bandung tengah dilanda kekeringan, terutama kebutuhan warga akan air bersih, “Atas inisiatif teman-teman PWI.

 

BACA JUGA :

Kekeringan di Kabupaten Bandung Meluas, 27 Kecamatan Terdampak

 

Dua Kecamatan di Kabupaten Bandung Masuk Daftar Wilayah Kekeringan dengan Status Awas

 

 

Kami merasa terbantu sebagai masyarakat yang terkena dampak kekeringan.” Tutur Asep, perwakilan Akmad Johara yang tengah memantau posko penanggulangan bencana kebakaran di Kawah Putih Ciwidey.

Salah seorang warga, Euis Wida mengatakan pemberian air bersih yang dilakukan oleh PWI sangat membantu masyarakat.

“Sudah satu bulan kesulitan air jadi sangat membantu, terima kasih PWI yang telah memberikan bantuan air. Ini sama dengan menyelamatkan nyawa,” ujarnya.

Tambah Warga Komplek Halimun Blok C, Desa Banyusari, Kecamatan Katapang,  Ibu Nurul mengucapkan terimakasih atas Bantuan Air dari PWI Kabupaten Bandung.

“Sudah sekitar sebulan ini saya dan  warga lain tidak mendapatkan air bersih, sebab distribusi air untuk warga dari PDAM hingga saat ini tidak lancar. (Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

 

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Komentar