by

Puntung Rokok Wisatawan Diduga Menjadi Biang Kebakaran di Kawah Putih

BandungKita.id, KAB BANDUNG – Kebakaran di lahan hutan Obyek Wisata Kawah Putih di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, diduga disebabkan puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh pengunjung Kawah Putih.

Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq mengatakan, sebelum kebakaran terjadi di lokasi Sunan Ibu pada Senin (7/10/2019), ada saksi mata yang melihat sejumlah pengunjung berziarah.

“Dugaan sementara dari puntung rokok dari pengunjung obyek wisata,” kata Ivan kepada wartawan di lokasi, Selasa (8/10/2019).

Untuk memastikannya, Ivan akan melakukan penyelidikan. Ia akan mengumpulkan saksi mata yang melihat adanya sejumlah pengunjung yang mengarah ke lokasi Sunan Ibu sebelum kebakaran terjadi.

“Kami akan laksanakan penyelidikan, siapa saja yang berada di lokasi saat kejadian, maupun saksi-saksi yang melihat,” ucapnya.

BACA JUGA :

10 Hektare Lahan Hutan Kawah Putih Terbakar

 

 

Kepala Damkar Kabupaten Bandung : 99 Persen Kebakaran Disebabkan Human Error

 

 

Menurut dia, pada Senin sore, api mulai muncul pertama kali di titik View Deck Sunan Ibu. Kata dia, pada Senin kebakaran lahan hutan paling parah terdeteksi terjadi pada pukul 16.00 WIB.

Pada saat itu, api mengarah ke arah Cantigi hingga menghabiskan View Deck Cantigi. Namun tim gabungan berhasil menghentikan atau penyekatan agar tidak melebar ke Jembatan Cantigi dan lokasi Sunan Rama dan Cipanganten.

“Sementara tidak ada korban jiwa maupun korban luka. Untuk evakuasi karena bukan lokasi di Kawah Putih maka kemarin kami imbau ke wisatawan untuk segera meninggalkan lokasi ini untuk keselamatan semua,” tuturnya.

Menurut dia, hingga Selasa, api masih terdeteksi di beberapa titik. Tim Gabungan juga sudah dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Untuk pemadamam sendiri, tim masih melakukan dengan menggunakan cara manual. Sebab, medan untuk mencapai lokasi kebakaran sulit dijangkau oleh mobil personel Damkar.(R Wisnu Saputra/ BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment