by

UGM Batalkan Ceramah dan Kuliah Umum Ustaz Abdul Somad, Begini Respon Mantan Ketua PP Muhammadiyah

BandungKita.id, NASIONAL – Acara kuliah umum dan cermah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang rencananya akan digelar di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Sabtu, 12 Oktober 2019 mendatang, dipastikan batal digelar. Pembatalan acara yang diisi ulama kondang ini sesuai dengan keputusan dari pimpinan UGM.

Mantan Ketua PP Muhamadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menyayangkan sikap pimpinan UGM yang membatalkan ceramah Ustaz Abdul Somad tersebut.

“Saya sesalkan sikap UGM tsb. Kampus telah kehilangan identitasnya sbg “University” dimana, Kampus adalah rumahnya diversity (perbedaan, Keberagaman) pandangan lahir,” kata Dahnil lewat akun Twitternya, Rabu (9/10).

1. Dahnil sebut pimpinan UGM rezim politik anti-perbedaan

Peneliti Senior Institute Kajian Strategis UKRI itu menyayangkan sikap pimpinan UGM bertindak represif melarang intelektual seperti Abdul Somad menyampaikan gagasannya di UGM.

“Pimpinan UGM telah berubah bak rezim politik yg anti perbedaan,” ujar Dahnil.

BACA JUGA :

Soal Ceramah Kontroversi Abdul Somad, Begini Kata MUI Jabar

 

 

Ribuan Warga Hadiri Tablig Akbar Ustaz Evie Effendie “Membangun Istana di Surga”

 

 

2. Dahnil sayangkan insan cendikia UGM yang hanya terdiam

Juru Bicara Prabowo Subianto itu mengaku malu melihat laku anti pemikiran yang ditunjukkan oleh pimpinan UGM. Dahnil juga sesalkan insan cendekia di UGM diam terhadap pelarangan terhadap Ustadz Abdul Somad.

“Terus terang sebagai salah satu orang yang hidup di kampus, tumbuh berkembang sebagai dosen dan peneliti, saya malu melihat laku anti pemikiran yang ditunjukkan oleh Pimpinan UGM,” ujar Dahnil.

3. Warganet pamer rencana UAS ceramah di Inggris

Cuitan Dahnil ditanggapi banyak netizen dengan beragam komentar. Salah satunya pemilik akun @readfar. Ia mengomentari cuitan Dahnil dengan pamer rencana UAS ceramah di tiga kota besar di Inggris.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak (foto:net)

 

“Oktober ini, UAS mendapat undangan Human Aid Initiative (HAI) untuk berceramah di negeri yang terkenal dengan kekuatan ekonomi dan politiknya di dunia. UAS dijadwalkan mengisi di 3 kota terbesar Inggris sekaligus, yaitu London, Manchester, dan BiRmingham,” kata dia.

4. UAS harusnya ceramah di UGM Sabtu besok

Diberitakan sebelumnya, UGM membatalkan kuliah umum Abdul Somad, yang sedianya digelar pada Sabtu (12/10) besok. Keputusan tersebut diambil oleh pimpinan kampus.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Selain Ustaz Abdul Somad, kuliah umum itu rencananya akan diisi juga oleh Prof Heddy Shri Ahimsa Putra.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : idntimes

Comment