oleh

Paduan Suara Asal Indonesia Tampil Memukau di Acara Concert for Peace di New Delhi India

BandungKita, BANDUNG – Paduan suara asal Indonesia, Fricilia Mixed Choir (FMC), berkesempatan unjuk kebolehan di hadapan ratusan pengunjung yang hadir di acara “Concert for Peace” di New Delhi India, Sabtu (26/10/2019) lalu. Konser tersebut diselenggarakan di salah satu gereja bersejarah peninggalan Inggris di New Delhi, Cathedral Church of Redemption.

Berkolaborasi dengan AO Naga Choir, Fricilia Mixed Choir (FMC) yang berasal dari Manado memboyong 18 orang anggotanya tampil memukau dengan lagu-lagu rohani berbahasa Inggris.

Hal yang membuat jadi lebih menarik, Tim FMC juga pamer kebolehan dengan menyanyikan lagu kebangsaan India, Jana Gana Mana, dengan pelafalan dan mimik yang sangat bagus persis layaknya orang India, spontan penampilan itu mendapat standing applause dari penonton yang hadir.

Dilansir Kemendikbud, FMC adalah sanggar paduan suara yang didirikan pada tahun 2014 oleh Fricilia Rumajar di Manado. FMC beranggotakan 27 orang talenta muda dengan latar belakang beragam, antara lain pelajar, mahasiswa dan pegawai.

Peserta paling muda berusia 16 tahun dari SMA dan SMK di Manado, sedangkan yang berstatus mahasiswa berasal dari Universitas Samratulangi dan Universitas Pembangunan Indonesia, dan juga ada yang sudah bekerja di bidang kesehatan dan farmasi.

 

BACA JUGA:

UMK Bandung Barat Tahun 2020 Diprediksi Jadi Terbesar Kedua di Bandung Raya

 

Unjani Pastikan Seleksi Akademik Bagi 309 Calon Kades Berjalan Objektif

 

Fricilia sendiri sebagai pendiri sekaligus pelatih FMC adalah dosen di Universitas Pembangunan Indonesia, Manado dan IPDN Sulawesi Utara. Keinginanya yang kuat berhasil melahirkan kelompok paduan suara yang kompak dan memiliki visi misi untuk mendidik para peserta paduan suara bisa menjadi pelatih paduan suara sejak dini dan bisa berkiprah di tingkat internasional.

Berawal dari keinginan untuk menjadi pelatih paduan suara sejak kecil, Fricilia tidak hanya menjadikan FMC sebagai tempat latihan yang semata-mata fokus untuk partisipasi berbagai kompetisi, namun lebih dari itu, juga bisa membawa FMC melanglang buana ke luar negeri.

Meski di usianya yang relatif muda, FMC telah beberapa kali mendapat kesempatan diundang oleh beberapa negara, seperti Singapura (2018) untuk tampil pada kegiatan Celebrate Christmas di Orchard Road dan diundang kembali untuk event yang sama pada bulan Desember tahun ini. Di tahun 2020-2021, Melbourne dan Kroasia juga akan mendapat giliran untuk disinggahi.

Saat berkunjung ke KBRI New Delhi, Tim FMC disambut antusias oleh Dubes RI, Sidharto Reza Suryodipuro beserta jajaranya. Karena menyongsong semangat Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2019, Tim FMC menampilkan beberapa lagu bernuansa perjuangan seperti Maju Tak Gentar dan Indonesia Jaya.

Selain itu, FMC juga menampilkan beberapa lagu daerah dari Batak, Manado dan Jawa Timur, serta ada beberapa lagu pop terkini yang bernuansa semangat dan energik. (Dian Aisyah/BandungKita.id)

Sumber: Kemendikbud

Komentar