Agar Lebih Dikenal, Teddy Kusdiana: Produk IKM Kabupaten Bandung Harus Berdaya Saing

BandungKita.id, BANDUNG – Pemkab Bandung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) terus mendorong produk dari Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Bandung agar semakin terkenal di dalam dan luar negeri. Salah satu upayanya yaitu dengan menggelar berbagai macam pameran produk IKM Kabupaten Bandung.

Sekda Kabupaten Bandung, Teddy Kusdiana menuturkan, pameran produk adalah faktor penting dalam mengenalkan produk IKM kepada masyarakat luas. Kendati demikian, ujung tombak kesuksesan produk IKM Kabupaten Bandung sendiri adalah mutu dan kualitasnya.

“Visi dan misi kami memantapkan Kabupaten Bandung yang maju, mandiri, dan berdaya saing. Nah, agar produk IKM laris manis dan dapat dikenal masyarakat, tentunya harus tinggi mutu dan kualitasnya,” kata Teddy didampingi Kadisperindag Popi Hopipah seusai membuka Pameran Terpadu Gelar Produk IKM Disperindag Kabupaten Bandung di Cihampelas Walk, Kota Bandung, Kamis (21/11/2019).

 

BACA JUGA :

Dadang Naser Sebut Pahlawan Masa Kini Harus Berprestasi Membangun Negeri

 

 

Menurut Teddy, produk IKM Kabupaten Bandung harus memiliki unsur daya saing. Dimana, setiap produk IKM yang akan dikenalkan harus memiliki kualitas dan mutu yang baik. Dengan begitu, produk IKM Kabupaten Bandung cepat dikenal masyarakat luas.

“Dengan pameran seperti ini, kami berharap produk-produk IKM bisa dikenal luas. Selain itu kami juga konsisten melakukan kontak dagang ke daerah lain di nusantara,” kata Teddy.

Teddy menuturkan, pengenalan serta promosi produk IKM Kabupaten Bandung tak hanya dilakukan dengan cara lama. Menurutnya, di era 4.0 perlu ada dukungan di bidang teknologi dan informasi. Maka dari itu, Pemkab Bandung melibatkan Diskominfo dalam mengenalkan produk IKM-nya.

Sejalan dengan promosi IKM, Pemkab Bandung juga terus konsisten mengenalkan berbagai potensi yang ada di daerahnya. Seperti potensi pariwisata, pertanian, panas bumi, perkebunan, seni dan budaya.

“Pameran ini tak hanya digunakan untuk promosi produk IKM saja. Tapi potensi Kabupaten Bandung lainnya juga kami kenalkan. Sehingga masyarakat luas tahu betapa kayanya Kabupaten Bandung itu,” kata dia.

 

BACA JUGA :

Disperindag KBB Gencar Sertifikasi Halal Untuk IKM

 

 

Teddy mengatakan, untuk semakin menguatkan jika Kabupaten Bandung memiliki ciri khas yang menonjol dibanding daerah lain dalam menarik wisatawan, Pemkab Bandung juga tengah menjalankan program 1000 Kampung.

Program 1000 Kampung itu, kata Teddy setiap kampung di suatu kecamatan akan menonjolkan produk unggulannya. Saat ini, kata dia, sudah banyak kampung di Kabupaten Bandung yang semakin dikenal karena produk unggulannya.

“Sudah ada Kampung Boneka, Kampung Jeans, Kampung Wayang, dan lainnya. Ke depan 1000 Kampung ini bisa terwujud. Kemudian nanti bisa dikenal luas. Sehingga kesejahteraan masyarakat di kampung tersebut akan meningkat,” kata dia. (R Wisnu Saputra/BandungKita.id)

 

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment