by

BREAKING NEWS…Gara-gara Proyek KCIC, Wilayah KBB Dikepung Banjir Parah

BandungKita.id, KBB – Sejumlah kawasan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dikepung banjir parah. Penyebabnya diduga karena adanya proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang melintasi sejumlah wilayah di KBB yang mengakibatkan mampetnya saluran air di daerah yang dilalui proyek KCIC.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BandungKita.id, beberapa wilayah yang tergenang banjir cukup parah adalah kawasan underpass Padalarang, Cimareme, Ngamprah dan beberapa daerah lainnya. Ketinggian air mencapai satu sampai dua meter. Terlebih, hujan deras masih mengguyur wilayah KBB.

Banjir menggenang kawasan Cimareme, Ngamprah (foto:infobandungbarat)

Foto-foto dan video banjir yang melanda sejumlah kawasan di KBB beredar luas di masyarakat melalui media sosial terutama whatsapp. Berdasarkan pantauan, kawasan Underpass Padalarang yang menghubungkan kawasan Padalarang dengan Pemkab Bandung Barat di Ngamprah tidak dapat dilalui kendaraan karena tergenang hingga 2 meter.

BACA JUGA :

Woow! ADB Nilai Disnakertrans KBB Sukses Turunkan Angka Pengangguran

 

 

PNS KBB : Kami Disuruh Lumpaaat, Tapi Bupati Tidak Memperhatikan Hak Kami

 

 

Tak hanya Padalarang, kawasan Cimareme Kecamatan Ngamprah juga tergenang banjir hingga 2 meter. Banyak warga yang terjebak di dalam rumah atau memilih naik ke atap rumah karena banjir menggenangi setengah rumah mereka.

Belasan sepeda motor milik warga juga tergenang dan mogok. Dalam sebuah video yang beredar, sebuah sepeda motor warga terseret air sejauh belasan meter.

Banjir menggenangi kawasan Padalarang, KBB akibat adanya proyek KCIC (foto:istimewa)

Banjir yang merendam ratusan rumah warga di beberapa daerah itu diduga terjadi akibat mampetnya saluran air yang tidak berfungsi atau rusak akibat proyek KCIC di wilayah KBB terutama di wilayah Kecamatan Padalarang dan Ngamprah.

Ramainya keluhan banjir tersebut langsung ditanggapi Bupati KBB Aa Umbara. Bupati Aa Umbara tampak marah karena beberapa wilayahnya tergenang banjir parah.

Menurut Aa Umbara, sebelum ada proyek KCIC wilayah KBB tidak pernah mengalami banjir parah seperti saat ini.

“Kami (Pemkab Bandung barat) disalahkan, kami yang dirugikan (aibat banjir tersebut). Yang tidak ngerti menyalahkan Bupati. Padahal tidak pernah ada banjir ketika tidak ada proyek KCIC,” kata Bupati di hadapan warga Padalarang.

Bupati KBB Aa Umbara Sutisna meminta para petinggi KCIC bertanggung jawab atas banjir yang disebabkan proyek KCIC di wilayah KBB. Bupati minta proyek KCIC disetop (foto:istimewa)

 

Orang nomor satu di KBB itu juga mengultimatum para petinggi KCIC untuk datang dan melihat langsung dampak banjir yang ditimbulkan proyek KCIC di wilayah KBB. Ia meminta para direktur KCIC untuk bertanggungjawab dan menghentikan proyek KCIC di wilayah KBB.

“Malam ini para direktur KCIC harus datang. Harus diselesaikan. Proyek ini harus disetop. Jangan sampai merugikan masyarakat KBB. Banjir ini bukan karena pemerintahan Bandung Barat, tapi karena peoyek KCIC,” kata Bupati Aa Umbara dengan suara lantang.

Hingga berita ini ditulis belum ada keterangan dari pihak BPBD KBB mengenai daerah mana saja yang terkena dampak banjir dan kepastian mengenai adanya korban jiwa atau tidak. Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo belum merespon upaya konfirmasi BandungKita.id (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment