by

Waspada! Virus Corona yang Mematikan Sudah Masuk Malaysia, Kenali Gejalanya

BandungKita.id, INTERNASIONAL – Masyarakat Indonesia wajib waspada terhadap virus mematikan yang saat ini sedang ramai dibahas, yakni vorus corona. Sebab, saat ini virus corona telah menyebar sampai ke Malaysia.

Pada Sabtu (25/1/2020) waktu setempat, Malaysia telah mengkonfirmasi tiga kasus infeksi virus corona. Dengan demikian, Malayasia pun menjadi negara pertama yang terjangkit virus corona di kawasan Asia Tenggara.

Menteri Kesehatan Malaysia, Dzulkefly Ahmad mengatakan tiga orang yang terinfeksi adalah warga negara Tiongkok atau China. Dikonfirmasi oleh otoritas kesehatan Singapura, tiga orang pasien ini terkait dengan pria berusia 66 tahun yang telah dinyatakan positif terkena virus.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (25/1/2020), Dzulkefly menjelaskan tiga orang yang terinfeksi adalah seorang wanita berusia 65 tahun, yang adalah istri dari pria yang terdeteksi dengan virus di Singapura, dan dua cucu mereka yang masing-masing berusia 11 dan 2 tahun.

Lebih lanjut, Dzulkefly dalam konferensi pers mengatakan ketiganya telah dirawat di rumah sakit Sungai Buloh di Kuala Lumpur untuk perawatan dan dianggap dalam kondisi stabil.

BACA JUGA :

Waduh! Hujan Salju Turun di Arab Saudi, Fenomena Apakah Ini?

Burung-burung Berjatuhan dari Langit Australia, Fenomena Apa?

Virus corona yang baru diidentifikasi dapat menyebabkan pneumonia, dan dikabarkan mematikan dalam beberapa kasus. Namun sejauh ini masih terlalu dini untuk mengetahui betapa berbahayanya dan betapa mudahnya menyebar di antara orang-orang.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, Bandara Malaysia mengatakan telah meningkatkan penyaringan semua penumpang dan awak yang tiba dari Cina di bandara gerbang di seluruh negara untuk meminimalkan potensi penyebaran virus.

Virus corona yang baru diidentifikasi telah menciptakan alarm baru karena masih banyak yang tidak diketahui yang mengelilinginya, seperti seberapa berbahayanya dan betapa mudahnya virus ini menyebar di antara orang-orang.

Gejala virus corona meliputi demam, sulit bernapas, dan batuk kering. Menurut WHO, sebagian besar kematian terjadi pada pasien usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan juga menjangkit anak-anak dan orang dewasa.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : cnbc Indonesia

Comment