by

Hari Pers Nasional : Insan Pers di KBB Dapat Kejutan dari Wakil Bupati Hengky Kurniawan dan Ketua DPRD KBB

Ada Harapan Hengky Kurniawan dan Ketua DPRD KBB untuk Insan Pers

BandungKita.id, KBB – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) berlangsung meriah dan istimewa. Sebab, pada hari lahirnya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-74 yang akhirnya diperingati sebagai Hari Pers Nasional itu, para wartawan yang bertugas di KBB memperingatinya bersama Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan, Ketua DPRD KBB Rismanto dan ratusan warga KBB.

Peringatan HPN ke-74 di KBB dipusatkan di kawasan Bale Pare, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB, Minggu (9/2/2020). Banyak acara seru digelar PWI KBB dan Wakil Bupati KBB serta Ketua DPRD KBB diantaranya talkshow “Mendengar Suara Rakyat”, olahraga bareng, lomba karaoke wartawan hingga kegiatan bakti sosial dan bagi-bagi paket sembako untuk masyarakat tidak mampu.

Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan bahkan tanpa diduga memberikan surprise kepada para jurnalis yang bertugas di KBB yakni dengan memberikan kue ulang tahun sebagai simbol penghormatan atas hari lahirnya PWI ke-74 yang kemudian diperingati sebagai Hari Pers Nasional.

Kue ulang tahun berwarna putih dan berhiaskan buah cherry itu secara simbolis diserahkan Hengky yang didampingi Ketua DPRD KBB Rismanto kepada Ketua PWI KBB Heni Suhaeni. Heni yang tidak menyangka diberi hadiah kue tampak semringah dan berseri-seri mendapat kejutan dari Wakil Bupati berparas ganteng tersebut.

Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan (kanan) menjadi narasumber bersama Ketua DPRD KBB Rismanto (kiri) dan Ketua PWI KBB Heni Suhaeni dalam acara talkshow ” Mendengar Suara Rakyat” dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-74 (M Zezen Zainal M/ BandungKita.id)

“Selamat Hari Pers Nasional yang ke-74. Semoga pers semakin profesional, selalu menghadirkan berita-berita yang aktual, kritis, berimbang dan tetap independen,” kata Hengky sambil menyerahkan kue berbentuk kotak tersebut kepada Ketua PWI KBB.

Bagi Hengky Kurniawan, peran pers atau media begitu luar biasa dan sudah tak diragukan lagi pengaruhnya dalam membuat berbagai perubahan ke arah yang lebih baik. Menurut Hengky, peran pers juga sangat luar biasa dalam mengedukasi masyarakat serta membantu menyebarluaskan program-program maupun keberhasilan pemerintah.

Hengky yang merupakan mantan artis papan atas juga mengaku memiliki kesan tersendiri dan kedekatan dengan media massa. Sebab, kata dia, tak dipungkiri berkat peran medialah dirinya bisa menjadi besar dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia ketika dirinya masih menjadi artis.

BACA JUGA :

Wabup KBB Hengky Kurniawan dan PWI Akan Gelar Berbagai Kegiatan Seru di Peringatan Hari Pers Nasional 2020, Catat Tanggalnya

Hari Pers Nasional 2019: AJI Minta Pemerintah Cabut Remisi Susrama

Mahfud MD : Indonesia Merdeka Juga Karena Peran Pers

“Mungkin fans dan orang Indonesia tak akan kenal siapa saya jika tanpa bantuan insan pers. Ketika saya jadi artis, peran pers sangat penting dan luar biasa berpengaruh. Saya sudah 20 tahun lebih, saya bersahabat dengan media. Jasa media sangat luar biasa,” kata Hengky sambil tersenyum lebar.

Begitu pun ketika dirinya beralih profesi jadi pelayan masyarakat dan menjabat sebagai Wakil Bupati KBB. Hengky menyebut peran pers dalam pemerintahan juga sangat besar dalam mendukung suksesnya pembangunan suatu daerah. Pers sangat berperan dalam mendistribusikan informasi mengenai program-program maupun keberhasilan pemerintah daerah.

“Jadi peran pers atau media sangat penting sekali. Semoga media semakin profesional, menyampaikan berita-berita aktual, berimbang dan independen. Doa terbaik saya untuk teman-teman media,” kata Hengky.

Ketua DPRD KBB Rismanto juga tak mau kalah dengan Hengky. Politikus PKS KBB itu pun memberikan “hadiah” untuk para insan pers di KBB yang hadir dalam peringatan HPN. Rismanto menghadiahkan dua buah lagu untuk insan pers KBB.

Selain itu, ia berharap insan pers atau media dapat terus meningkatkan profesionalismenya, impartial, mengedepankan independensi, covering both side, akurat, jujur dan no hoax. Tak hanya itu, ia juga berpesan agar insan pers terus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

“Semoga media terus mengedukasi masyarakat, menghadirkan berita-berita yang mendidik, membangun dan independen. Selamat hari pers nasional ke-74, semoga pers terus menjadi pilar demokrasi keempat karena peran pers ini sangat penting,” kata Rismanto yang juga pernah menjadi dosen jurnalistik di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung.

Sementara itu, Ketua PWI KBB Heni Suhaeni mengatakan peringatan HPN ke-74 yang dipusatkan di Kota Baru Parahyangan itu hanya merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HPN ke-74. Dalam waktu dekat, kata Heni, pihaknya tengah mempersiapkan acara yang masih dalam balutan rangkaian HPN ke-74 tingkat KBB.

“Kita sedang mempersiapkan kegiatan PWI Goes to School dan kegiatan-kegiatan lainnya untuk mengedukasi masyarakat dan juga para pelajar. Semoga semua berjalan lancar,” kata Heni seraya mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh Wabup KBB dan Ketua DPRD KBB serta masyarakat KBB yang hadir dalam kegiatan HPN ke-74 di KBB tersebut.(M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment