by

Waspada! Cuaca Ekstrem Bisa Picu Berbagai Penyakit, Begini Cara Efektif Mengantisipasinya

BandungKita.id, HEALTH – Saat ini, dunia tengah dilanda cuaca ekstrem. Kebakaran hutan di Australia dan banjir yang menyerang sejumlah wilayah Indonesia pada awal 2020 merupakan contoh dari fenomena tersebut.

Nahasnya, Ketua Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) Petteri Taalas mengatakan, cuaca ekstrem diprediksi masih akan terjadi sepanjang 2020. Bahkan, hingga beberapa dekade mendatang.

Sementara itu, di Indonesia sendiri, BMKG memperingatkan bahwa kondisi cuaca yang tak karuan tersebut masih akan berlangsung hingga Maret ini, sehingga masyarakat diminta untuk tetap waspada.

Pasalnya, selain berpotensi menimbulkan masalah bagi lingkungan, cuaca ekstrem yang tak karuan juga memicu berbagai masalah kesehatan. Apalagi, mengingat Indonesia memiliki iklim tropis dan lembap, di mana bakteri dan virus penyebab penyakit lebih mudah berkembang biak.

Jika tidak waspada, risiko penyakit, seperti flu atau infeksi pernafasan lainnya bisa menyerang Anda.

Meski tidak bersifat kronis, namun tetap saja penyakit tersebut dapat mengganggu aktivitas. Lalu, bagaimana cara melindungi tubuh dari virus-virus penyakit di tengah cuaca ekstrem?

BACA JUGA :

Perubahan Iklim Membuat Penduduk Dunia Makin Gampang Stres, Kok Bisa?

5 Obat Demam Alami yang Bisa Anda Temukan di Rumah

5 Tips Menjaga Kesehatan Agar Tidak Gampang Tertular Penyakit

Dikutip BandungKita.id dari kompas.com, berikut cara melindungi tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit yang sering muncul di saat cuaca kurang bersahabat :

  1. Jaga pola makan
Ilustrasi menjaga pola makan (foto:net)

Jangan hanya asal kenyang, dalam urusan makan, Anda juga perlu memperhatikan segi nutrisinya. Tak perlu bingung, perbanyak saja porsi buah dan sayur. Sebab, kandungan antioksidan di dalamnya bakal melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Namun, jangan lupakan daftar stok makanan lain, seperti susu, daging, atau ikan. Sebagai pelengkap, konsumsi juga suplemen atau multivitamin tambahan guna membantu menjaga daya tahan tubuh.

2. Terapkan kebiasaan hidup bersih

Ilustrasi bersih-bersih rumah (foto:net)

Selain makanan, kesehatan juga bisa diperoleh dengan membiasakan diri untuk hidup higienis. Contohnya, mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, atau menutup mulut saat bersin atau batuk.
Perhatikan juga kebersihan tempat tinggal. Saat musim hujan, lingkungan cenderung mudah kotor dan udara menjadi lebih lembap. Karenanya, jangan tunda untuk lengkapi produk kesehatan Anda dengan peralatan dan produk kebersihan seperti hand sanitizer, karbol, pengharum ruangan, sapu, dan kain pel.

3. Istirahat yang cukup

Ilustrasi tidur (foto:net)

Kurangnya istirahat menjadi salah satu penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Ketika sistem imun lemah, maka tubuh akan lebih mudah terjangkit penyakit.

Selain itu, penelitian lain menemukan, kurang istirahat juga akan meningkatkan risiko tubuh terserang penyakit serius, seperti ginjal, jantung, atau stroke.

BACA JUGA :

Suhu Bandung Dingin, Yuk Jaga Kesehatan Dengan Cara Ini

Mulai Musim Hujan, Warga Kabupaten Bandung Diminta Waspadai Sejumlah Penyakit Ini

Kadinkes KBB Bagikan Tips Sehat Cegah Penyakit di Musim Penghujan, Gampang Dipraktekkan Lho

Maka dari itu, jangan sepelekan kebutuhan istirahat Anda. Tak sekadar mengoptimalkan fungsi imunitas, tidur yang cukup juga dapat mengontrol stres, meningkatkan suasana hati, dan meringankan pikiran.

4. Penuhi asupan cairan tubuh

Ilustrasi (foto:net)

Memang, udara saat musim hujan cenderung lebih dingin dan sejuk, sehingga tubuh jarang merasakan haus. Namun, bukan berarti Anda tidak membutuhkan cairan.

Tak hanya menghindari tubuh dari dehidrasi, rajin minum air putih juga membantu organ tubuh untuk bekerja lebih baik dalam melawan racun. Contohnya, ginjal dan hati.

Selain itu, dengan terpenuhinya asupan cairan tubuh, sistem metabolisme menjadi lebih baik.

5. Sempurnakan dengan olahraga

Ilustrasi olahraga (foto:net)

Tidak harus dengan porsi berat, asal dilakukan secara rutin, olahraga seperti aerobik sudah mampu menjaga kesehatan tubuh Anda.

Bahkan, dikutip dari Mayo Clinic, hanya dengan berjalan cepat selama 1-2 jam per minggu, atau sekitar 15-20 menit per hari bisa menurunkan risiko berbagai penyakit.

Tak hanya baik bagi kesehatan, penelitian lain juga menemukan, rajin berolahraga mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : kompas.com

Comment