by

Mulai Musim Hujan, Warga Kabupaten Bandung Diminta Waspadai Sejumlah Penyakit Ini

BandungKita.id, SOREANG – Masyarakat Kabupaten Bandung diminta mewaspadai sejumlah penyakit yang kerap muncul di musim penghujan.

Pasalnya, selama ini Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung sering menerima keluhan dari masyarakat terkait penyakit di musim penghujan. Terutama penyakit gatal-gatal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Grace Mediana mengatakan, sejumlah penyakit yang kerap muncul di musim penghujan tersebut seperti pilek, batuk, sakit perut, gatal-gatal, pusing, hingga gangguan pernafasan.

“Terlebih, sejumlah daerah di Kabupaten Bandung rawan banjir. Biasanya banyak penyakit yang dikeluhkan warga. Termasuk gatal-gatal,” kata Grace di Soreang, Kamis (13/12/2019).

BACA JUGA :

7 Penyebab dan Resiko Terjadinya Demam Berdarah Dengue (DBD), Salah Satunya Karena Musim Hujan Lho

 

 

Waspada DBD Mengintai Jelang Musim Hujan, Dinkes Cimahi Imbau Warga Giatkan Kembali PSN

 

 

Untuk mengantisipasi terkena sejumlah penyakit tersebut, kata dia, warga masyarakat Kabupaten Bandung diimbau untuk melindungi diri dengan menjaga kebersihan dan pola makan yang baik.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk beristirahat yang cukup.

Terlebih, masyarakat juga diminta untuk menggunakan jaket jika bepergian. Sebab, cuaca dingin yang ditimbulkan dari musim penghujan juga berpengaruh menurunkan kekebalan imun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana (foto:net)

 

“Istirahat yang cukup dan jaga pola makan. Makan makananan yang bergizi dan seimbang itu perlu. Apalagi di musim penghujan seperti ini. Dan tetap harus menjaga kebersihan,” kata dia.

Selain itu, penyakit demam berdarah (DBD) juga patut diwaspadai di musim penghujan. Kata Grace, masyarakat diminta untuk membersihkan genangan-genangan air yang disinyalir dijadikan sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD.

“Sebelumnya juga kami sudah antisipasi dengan turun ke jalan bersama-sama membersihkan gorong-gorong dan selokan. Kami juga sudah sosialisasikan waspada DBD ke masyarakat,” ucapnya.(R Wisnu Saputra/ BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment