by

Kadinkes KBB Bagikan Tips Sehat Cegah Penyakit di Musim Penghujan, Gampang Dipraktekkan Lho

Pola Hidup Bersih dan Sehat adalah Kuncinya

 

BandungKita.id, KBB – Masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB) diminta mewaspadai sejumlah penyakit yang kerap muncul di musim penghujan atau musim pancaroba seperti saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) KBB, Hernawan Widjajanto mengimbau masyarakat tetap melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) agar dapat terhindar dari sejumlah penyakit.

Menurut Hernawan, beberapa penyakit yang kerap muncul dan diderita masyarakat di musim pancaroba adalah diare, flu dan batuk atau influenza serta demam thypoid.

“Yang paling banyak keluhan biasanya demam, flu batuk serta diare. Masyarakat agar waspada, biasanya musim hujan seperti ini suka meningkat,” kata Hernawan kepada BandungKita.id, Jumat (20/12/2019).

Kadinkes KBB Hernawan (ketiga kiri) bersama Wakil Bupati KBB, Hengky Kurniawan berfoto usai menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam program sanitasi total berbasis masyarakat sebagai kabupaten dengan penambahan desa Open Defecation Free (ODF) terbanyak Tahun 2019 di Jawa Barat (foto: istimewa)

 

Dijelaskan Hernawan, Dinas Kesehatan KBB sering menerima keluhan sejumlah penyakit tersebut akibat datangnya musim hujan yang memiliki udara relatif dingin.

Kadinkes tak lupa memberikan tips sehat kepada masyarakat agar dapat menghindari penyakit-penyakit yang kerap muncul pada musim penghujan tersebut. Menurut dia, semua sumber penyakit dapat dihindari dengan membiasakan pola hidup bersih dan sehat.

“Salah satu caranya dengan membiasakan mencuci tangan yang benar dan menggunakan sabun,” ujar Hernawan.

BACA JUGA :

Simak 6 Cara Dinkes KBB Cegah Stunting Pada Anak-anak, Ini Hasilnya

 

 

Waspada! Selama Januari 2019, di Bandung Barat Tercatat 238 Kasus DBD dan 2 Orang Meninggal : Begini Langkah Dinkes KBB

 

 

Woow! Dinas Kesehatan KBB Raih Penghargaan Gubernur Jabar

 

 

Dijelaskannya, mencuci tangan pakai sabun sangat efektif mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri.

Selain itu, kata Kadinkes, mencuci tangan pakai sabun juga sangat ampuh mencegah penyakit diare. Sebab, kata dia, diare biasanya disebabkan akibat menyantap makanan dengan tangan kotor.

Selanjutnya Hernawan juga menyarankan masyarakat untuk mengenakan baju hangat, jaket atau baju tebal ketika bepergian guna mencegah penyakit influensa dan demam.

Menurutnya, mengenakan baju hangat atau jaket tebal di musim hujan seperti ini dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Sebab, cuaca dingin yang ditimbulkan dari musim penghujan juga berpengaruh menurunkan kekebalan imun.

Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah menjaga pola makan yakni dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan minum air putih yang cukup.

Ilustrasi musim penghujan yang rentan penyakit (foto:net)

“Jangan lupa pula harus istirahat atau tidur yang cukup dan selalu rutin berolahraga,” kata Kadinkes yang murah senyum ini.

Ia pun mengingatkan masyarakat agar selalu memperhatikan kebersihan lingkungan terutama dari genangan air. Sebab, kata Hernawan, genangan air dapat memicu timbulnya penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Masyarakat diharapkan dapat membersihkan genangan-genangan air yang disinyalir dijadikan sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD. Selokan depan rumah juga diperiksa. Biasakan lingkungan sekitar kita bersih,” tutur Kadinkes.

Gimana, gampang dipraktekkan kan tips-tips yang dibagikan Kadinkes KBB. Yuk biasakan pola hidup bersih dan sehat agar kamu selalu sehat dan enggak gampang sakit. Semoga bermanfaat. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment