by

Pemkot Cimahi Larang Lomba Agustusan, Upacara HUT RI Live Instagram

BandungKita.id, CIMAHI – Tak lama lagi, momen Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 akan segera dirayakan. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melarang gelaran kegiatan lomba Agustusan.

Masyarakat Kota Cimahi diminta tidak menggelar acara tersebut karena masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

“Perlombaan Agustusan pasti mengundang kerumunan massa, jadi tidak boleh dulu,” ujar Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna seperti dikutip BandungKita.id dari Pikiran Rakyat Rabu (5/8/2020).

Menurutnya, larangan menggelar perlombaan Agustusan sudah disampaikan kepada lurah untuk diteruskan ke masyarakat.

“Yang penting itu maknanya, Peringatan HUT RI bisa dilakukan dengan cara lain. Kita sudah bewarakan ke lurah agar warga tidak gelar lomba Agustusan,” ucapnya.

BACA JUGA :

Berhenti Karena Pandemi, Pemkot Cimahi Lanjutkan Perbaikan 8 Ruas Jalan

Temukan Ratusan Hewan Tak Layak Kurban, Dispangtan Kota Cimahi Minta Warga Teliti

Lanjut Ajay, karena tren kasus positif Covid-19 meningkat di hampir semua daerah, maka Pemkot Cimahi melarang gelaran perlombaan saat Agustusan ini.

“Setiap daerah trennya naik, bukan hanya di Cimahi. Jadi kita harus tetap waspada dan antisipasi. Jangan sampai nanti ada klaster baru,” tuturnya.

Pemkot Cimahi tidak membenarkan bagi warga terutama pemuda yang meminta sumbangan di ruas jalan untuk kegiatan Agustusan. Apalagi karena dilarangnya kegiatan lomba Agustusan.

“Berada di ruas jalan sudah jelas mengganggu dan bisa membahayakan kepentingan umum. Ditambah lagi sedang pandemi Covid, jadi tidak dibenarkan, resikonya besar bagi penularan virus corona,” papar Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi Totong Solehudin.

Jika tetap bandel meminta sumbangan di ruas jalan, pihaknya akan melakukan tindakan berupa imbauan.

“Dimulai dari imbauan dulu dan seterusnya, kita tetap mengedepankan persuasif edukatif,” pungkas Totong.

BACA JUGA :

Jelang Musim Kemarau, BPPD Kota Cimahi: Waspada Kekeringan dan Kebakaran Lahan

Wow! Selain Melacak Covid-19, Dinkes Kota Cimahi Targetkan 1.777 Kasus TBC

Meski lomba Agustusan dilarang, namun Pemkot Cimahi akan tetap menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 pada 17 Agustus 2020 dengan peserta yang terbatas. Rencananya akan berlangsung di lapangan parkir Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah.

“Upacara dilangsungkan dengan khidmat meski pesertanya terbatas. Komponen yang terlibat dalam upacara hanya 3 orang Paskibraka,” terang Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi Harjono.

Jajaran ASN Pemkot Cimahi menyaksikan detik-detik upacara pengibaran bendera merah putih secara daring.

“ASN menyaksikan upacara dari live IG (Instagram) karena peserta upacaranya dibatasi,” tandasnya. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment