by

Dinkes Kota Cimahi Maraton Swab Test, Cegah Covid-19 di Kalangan Guru dan THL

BandungKita.id, CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi bakal menyasar para Tenaga Harian Lepas (THL) untuk dilakukan swab test. Rencananya, tes usap tersebut akan dilakukan pada Rabu (12/8/2020).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, swab test dilakukan untuk mendeteksi penularan virus corona atau Covid-19 di lingkungan Pemkot Cimahi. Apalagi sebelumnya ditemukan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang positif terpapar virus tersebut.

“Kita terus maraton swab test karena itu kontroling kita. THL hari Rabu kita swab,” katanya Senin (10/8/2020).

Berdasarkan hasil swab test sebelummya, Dinas Kesehatan Kota Cimahi menemukan sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Cimahi yang terpapar virus korona.

BACA JUGA :

Pemkot Cimahi Larang Lomba Agustusan, Upacara HUT RI Live Instagram

Wow! Selain Melacak Covid-19, Dinkes Kota Cimahi Targetkan 1.777 Kasus TBC

Dugaan “Kriminalisasi” Petani Kertasari, Elemen Warga Kabupaten Bandung Gelar Dialog Interaktif

Dikatakan Rini, sapaan Chanifah, total ada sekitar 1.200 THL di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi. Namun tenaga kontrak yang bertugas di bagian Setda Kota Cimahi sudah dilakukan test terlebih dahulu sebab berhubungan dengan pelayanan gedung.

“Sisanya sekitar 1.000-an yang di luar Setda nanti hari Rabu kita swab,” terang Rini.

Setelah THL, kata Rini, rencananya sasaran berikutnya adalah ASN yang bertugas di sekolah termasuk guru. Mereka belum menjalani test virus korona sebab test sebelumnya baru menyasar abdi negara yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi.

“Setelah THL rencananya guru. Kami siapkan dulu reagen dan sebagainya,” ucapnya.

Hingga saat ini, swab test yang dilakukan Dinas Kota Cimahi telah menyasar 5.618 orang atau 1 persen dari total jumlah penduduk di Kota Cimahi yang mencapai sekitar 553.755 jiwa. Sedangkan rapid test sudah menyasar 8.592 orang atau 1,5 persen dari total jumlah penduduk.

Dari berbagai test tersebut, hingga saat ini ditemukan sebanyak 153 orang warga Kota Cimahi yang dinyatakan positif terpapar virus korona. Rinciannya, 113 orang dinyatakan sembuh, 4 meninggal dan 36 masih positif aktif. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Sumber : Humas Pemkot Cimahi

Comment