by

Jokowi Gratiskan Vaksin Covid-19 Bagi Seluruh Rakyat dan Siap Disuntik Pertama ⁣

BandungKita.id, NASIONAL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menyatakan untuk menggratiskan vaksin Covid-19 kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Presiden dalam keterangan pers via Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

“Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan kalkulasi ulang, hitung ulang mengenai keuangan negara, saya sampaikan vaksin Covid-19 ke masyarakat gratis,” ujarnya.

Jokowi pun memerintahkan kepada seluruh jajaran kabinet dan pemerintah daerah memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

BACA JUGA :

Pertama di Indonesia, Ketua IDI Siap Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac

Dirut Bio Farma Ungkap Alasan Pemerintah Pakai Vaksin Corona Sinovac

Pertama di Kota Bandung, Suntik Vaksin Relawan Covid-19 Berjalan Lancar

Nantinya Jokowi akan menjadi orang pertama yang divaksin. Hal itu disebutnya untuk memberikan keyakinan kepada publik tentang keamanan vaksin.

“Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman,” kata Jokowi.

Meskipun ada vaksin, Jokowi tetap meminta masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Data terakhir pada 15 Desember 2020 menyebutkan adanya tambahan 6.120 kasus harian positif COVID-19 di Indonesia dengan angka total 629.429.

“Terakhir, saya ingatkan agar masyarakat terus berdisiplin menjalankan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan untuk kebaikan kita semuanya,” tandas Jokowi. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment