by

Izin Turun, Pemkab Bandung Segera Buka Open Bidding Sekda dan Dua Kepala Dinas

Kang DS : Reformasi Birokrasi di Pemkab Bandung Harus Segera Berjalan

BandungKita.id, KAB BANDUNG – Pemkab Bandung akan membuka lelang jabatan (open bidding) untuk tiga posisi berbeda di bawah pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Bandung, Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan.

Ketiga posisi yang akan dilelang secara terbuka bagi para ASN yang telah memenuhi persyaratan eselon itu adalah posisi Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Kepala Disperindag Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan saat ini Pemkab Bandung sudah mengantongi izin Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan open bidding ketiga jabatan tersebut. Menurut dia, pengisian posisi ketiga jabatan tersebut terutama Sekda merupakan hal yang sangat urgen dan mendesak.

Pasalnya sudah lebih dari setahun, posisi Sekda Kabupaten Bandung dibiarkan kosong atau tanpa Sekda definitif pascameninggalnya Sekda Kabupaten Bandung sebelumnya, Teddy Kusdiana.

Kini Pemkab Bandung di bawah kepemimpinan Bupati Dadang Supriatna (Kang DS) memiliki tugas berat untuk merealisasikan visi misi serta berbagai program yang telah dijanjikan pada masa kampanye Pilbup Bandung lalu.

Oleh karena itu, pengisian sosok Sekda merupakan hal yang sangat urgen dan mendesak guna membantu tugas-tugas Bupati mewujudkan janji-janji kampanye. Lalu seperti apa sosok Sekda yang cocok untuk mendampingi Bupati DS?

Kang DS sendiri belum mengutarakan kriteria Sekda yang diinginkan untuk membantunya lima tahun ke depan. Namun mengingat tugas dan beratnya janji politik yang harus ditunaikan, Kang DS dinilai memerlukan sosok Sekda yang kuat, loyal serta memiliki integritas serta kapasitas tinggi.

BACA JUGA :

Dukung Pengembangan UKM Kabupaten Bandung, Bupati DS Siap Luncurkan Program DS UKM

Bupati Bandung Dadang Supriatna : Insentif Guru Ngaji dan Bantuan Rp 60 Juta per RW Segera Berjalan

Dengan Mata Berkaca-kaca, Kang DS Minta Didoakan Anak Yatim Agar Jadi Pemimpin Amanah

49 Desa di Kabupaten Bandung Gelar Pilkades Serentak 14 Juli 2021, Ini Instruksi Bupati DS

Sahur Bersama Warga, Mak Eha Terharu Disuapi Orang Nomor Satu di Kabupaten Bandung

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu mempersilakan para ASN terbaik untuk mengikuti open bidding Sekda tersebut. Sesuai aturan, open bidding ini bisa diikuti oleh ASN dari daerah mana pun, tak hanya berasal dari Pemkab Bandung.

“Izin open bidding (dari Kemendagri) sudah turun. Saat ini untuk posisi Sekda sudah di KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara),” kata Bupati DS kepada BandungKita.id, usai kegiatan Selat Taraweh Keliling di Kecamatan Cangkuang, Selasa (4/5/2021) malam.

Dijelaskan Kang DS, pihaknya berharap posisi Sekda dan dua kepala dinas di Pemkab Bandung ini dapat segera terisi. Pasalnya, ia ingin segera berlari mewujudkan visi misi serta program-program yang telah dijanjikan.

“Kita saat ini menunggu dulu surat dari KASN. Tahapan selanjutnya setelah itu kita bentuk pansel (panitia seleksi), baru pengumuman open bidding. Mudah-mudahan segera,” tutur Bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu menyatakan pengisian jabatan Sekda itu juga sangat strategis guna mengawali langkah melakukan reformasi birokrasi di tubuh Pemkab Bandung. Selain itu, Sekda juga akan membantu bupati dalam tatanan pemerintahan dan administrasi serta aturan.

Terlebih saat ini diperlukan penyegaran serta pengisian jabatan-jabatan kosong yang ditinggalkan oleh pejabat sebelumnya baik yang pensisun maupun dipindahtugaskan ke posisi lain.

Bupati juga mengatakan, reformasi birokrasi di Pemkab Bandung sangat penting dilakukan. Bukan saja demi mewujudkan visi misi Bedas, namun juga banyak masukan dari berbagai elemen masyarakat, tokoh, serta dari pimpinan parpol pendukung.

“Kami membuka seluas-luasnya kepada para ASN untuk ikut open bidding mengisi ketiga jabatan tersebut,” ungkap Bupati.(M Zezen Zainal M/ BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment