by

Tegas! Langgar P3SPS, KPID Jabar Beri Teguran Indosiar

BandungKita.id, Bandung – Stasiun televisi Indosiar mendapat surat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat melalui KPI Pusat.

Pasalnya, Indosiar telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

Ketua KPID Jawa Barat Adiyana Slamet menjelaskan, salah satu acara yang melanggar, yaitu menyiarkan langsung acara lamaran selebriti Rizky Billar dengan Lesti Kejora dalam program berjudul ‘Puncak Kisah CInta Lesti Billar’ yang tayang pada 13 Juni 2021.

“Acara tersebut adalah urusan privat dan tidak ada urusannya dengan kepentingan publik,” jelas Adiyana dalam keterangan resminya.

Adiyana menuturkan, program tersebut disiarkan dalam dua segemen pada Minggu (13/6/2021). Di segmen satu lamaran takdir cinta leslar pukul 15.00 WIB dan di segmen dua restu keluarga leslar pukul 18.30 WIB.

“Jika dilihat dalam ketentuan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan SPS, tayangan prosesi lamaran selebriti yang tayang langsung di Indosiar tersebut diduga telah melanggar ketentuan SPS Pasal 11 ayat 1 dan Pasal 13 ayat 2,” tuturnya.

Kemudian, lanjut dia, Pasal 11 ayat 1, program siaran wajib dimanfaatkan untuk kepentingan publik dan tidak untuk kepentingan kelompok tertentu.

Baca Juga:

Tekan Mobilitas Masyarakat, Empat Titik Akses Masuk Kota Bandung Diperketat

Siapkan Bansos untuk Warganya, Oded: Penerima Bantuan Adalah Orang yang Benar-benar Berhak

Pungli di TPU Cikadut, MUI Jabar: Jelas Itu Haram

Wujudkan Komitmen Terbaik untuk Pelanggan, Smartfren Berikan Kemudahan Layanan Selama PPKM

“Pasal 13 ayat 2, program siaran tentang permasalahan kehidupan pribadi tidak boleh menjadi materi yang ditampilkan dan/atau disajikan dalam seluruh isi mata acara, kecuali demi kepentingan publik,” bebernya.

Adiyana menegaskan, atas dasar aturan tersebut KPID Provinsi Jawa Barat melakukan ekspos tentang tayangan lamaran dan restu keluarga Lesti Billar sebagai tindak lanjut dari aduan masyarakat.

“KPID Jabar telah melayangkan surat teguran kepada Indosiar melalui KPI Pusat karena acara tersebut tidak memenuhi unsur demi kepentingan publik, dan ditayangkan melalui frekuensi publik yang pada hakikatnya milik Negara dan masyarakat,” tegasnya.

Adiyana menambahkan, pihaknya mendesak agar Indosiar tidak menyiarkan tayangan serupa di masa depan.

“Kita akan memberikan sanksi penghentian program apabila ada tayangan yang serupa di masa depan,” tandasnya. (Agus SN/BandungKita.id) ***

Editor: Agus SN

Comment