by

Jelang FIBA Asia Cup 2022, Kemenpora Matangkan Koordinasi dengan Perbasi dan Panpel

BandungKita.id, Jakarta – Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), Nirmala Dewi, bersama Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 memastikan, kementerian dan lembaga terkait mendukung penuh penyelenggaraan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta, Juli mendatang.

“Alhamdulillah kita bersyukur sejauh ini kementerian dan lembaga terkait memberikan dukungan penuh untuk sukses FIBA Asia Cup 2022, Juli mendatang,” kata Nirmala Dewi usai mengikuti rapat koordinasi antar kementerian/lembaga terkait Persiapan FIBA Asia Cup 2022 di Wisma Menpora, Jakarta, Jumat (18/3).

Keyakinan Sekjen Perbasi itu didapat seusai mendapat pengarahan langsung dari Plt. Sesmenpora, Jonni Mardizal, yang memimpin rakor lintas kementerian dan lembaga (Kemensesneg, Kemenkumham, Kepolisian, Pemda DKI Jakarta, Kemenkes, Kemenhub, dan Kemen BUMN) secara langsung.

“Saya bersyukur difasilitasi Kemenpora terkait rapat koordinasi ini,” katanya.

Ia akui, pihaknya, sangat butuh sekali acara seperti ini.

“kita tunggu-tunggu sekali koordinasi antar kementerian/lembaga seperti ini, dan alhamdulillah kejadian hari ini,” ujar Nirmala.

Ia berharap setelah rakor lintas kementerian/lembaga, pihaknya dapat lebih leluasa berkoordinasi, untuk suksesnya acara yang akan digelar pada 12 hingga 24 Juli mendatang di venue Istora Senayan, GBK Arena dan Hall Basket Senayan ini.

“Mudah-mudahan setelah kita berkoordinasi semua antar k/l dan telah mendapatkan update dari kita, mengenai program dan langkah kedepan seperti apa, dan kita sudah menerima arahan, kedepannya kita bisa lebih luas untuk berkoordinasi antar kementerien/lembaga,” ujarnya.

“Karena kita tahu kegiatan ini untuk Merah-Putih dan tidak ada masalah apapun hanya masalah koordinasi saja,” kata dia.

Sementara, Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarsyah, semakin termotivasi karena kementerian/lembaga terkait mendukung penuh pelaksanaan even internasional bola basket di Jakarta.

“Kami sebagai panitia semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik, karena ini untuk Merah-Putih,” ujarnya.

“Rakor ini menunjukkan bahwa seluruh kementerian/lembaga terkait mendukung, terlebih pandemi ini akan mengarah ke endemi dan event internasional FIBA Asia Cup 2022 ini menjadi tolak ukur bahwa Indonesia bisa berbicara lebih banyak di level internasional,” katanya.

FIBA Asia Cup 2022 akan diikuti 16 negara peserta (Saudi Arabia, Yordania, Australia, China Taipei, China, Korea, Bahrain, Iran, Japan, Kazakhstan, Syria, India, Lebanon, Filipina, Selandia Baru, dan Indonesia), 480 atlet dan ofisial. Tim nasional basket Indonesia dipastikan bergabung di Grup A bersama Saudi Arabia, Yordania, dan Australia.*

Comment