by

Bertemu Menteri Sandiaga Uno, Plt Bupati Hengki Kurniawan Gali PAD Melalui Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

BandungKita.id, KBB – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Hengki Kurniawan, terus berupaya untuk menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal itu dipastikan usai Hengki bertemu dan berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Menurut Hengki, KBB akan mendeklarasikan diri sebagai ‘The Beauty of Priangan’ sebagai upaya untuk mempromosikan keunggulan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif baik tingkat nasional maupun internasional.

“Kita harapkan dari Kemenparekraf bisa berkolaborasi sehingga event promosi ini tidak mengandalkan APBD,” kata Hengki di kawasan Pemkab KBB, Rabu, 10 Agustus 2022.

Diakui Hengki, KBB memiliki sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan untuk meningkatkan PAD melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. Diantaranya kawasan di Lembang, Parongpong dan Cisarua yang diyakini memiliki daya tarik bagi wisatawan baik domestik maupun asing untuk menikmati keindahan alam.

“Serta wilayah selatan yang saat ini sedang kita perbaiki infrastruktur jalanya dengan anggaran Rp285 Milyar,” sahut Hengki.

Hengki menuturkan, menggeliatnya sektor pariwisata dipastikan akan berkesinambungan dengan ekonomi kreatif yang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat terutama pelaku UMKM di KBB. Upaya untuk mendongkrak ekonomi pun, lanjutnya, berbagai kegiatan akan dilakukan dikawasan wisata agar wisatawan berdatangan.

“Sebagai bentuk dukungan kongkrit dari Pemerintah adalah menggelar berbagai event dengan tujuan meningkatkan omset bagi pelaku UMKM. Kedepan kita akan banyak menggelar event dan promosi secara masif dengan output yang jelas dan tidak hanya menghamburkan anggaran,” bebernya.

Ia meyakini, dengan adanya kegiatan berbagai acara mampu meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar tempat wisata. Bahkan para pelaku UMKM pun akan dibimbing dan difasilitasi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) KBB salahnya untuk menampikan berbagai produk di pusat perbelanjaan IKEA Kota Baru Padalarang.

“Saya berharap anak muda di Kabupaten Bandung Barat yang mempunyai kreativitas tinggi untuk ikut berkontribusi. Menjadi pelaku ekonomi kreatif, memaksimalkan potensi yang ada, dan semuanya telah difasilitasi. Anak muda harus memiliki mindset yang benar, bahwa kita bisa sukses dan mencari uang itu tidak susah, selama kita mau bergerak dan berikhtiar. Yuk semangat menuju Bandung Barat Pariwisata kelas dunia,” ungkapnya.

Comment