by

Pemkab Bandung Barat Luncurkan Program Pembangunan Berbasis RW

BandungKita.id. KBB – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat segera merealisasikan program pembangunan infrastruktur berbasis RW secara bertahap dalam waktu dekat.

Tak tanggung-tanggung, anggaran Rp 36 miliar digelontorkan Pemkab Bandung Barat untuk menjalankan program tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan bantuan tersebut diperuntukkan bagi sekitar 2.400 RT/RW di Kabupaten Bandung Barat yang disalurkan melalui pemerintah desa.

“Insya Allah secara bertahap kita akan penuhi janji terkait pembangunan berbasis RT dan RW kepada masyarakat KBB,” ujar Hengky.

Untuk dapat memperoleh program bantuan pembangunan RW ini, kata Hengky, pemerintah desa diminta untuk mengajukan proposal untuk kemudian ditindaklanjuti oleh OPD/ dinas terkait.

Berdasarkan anggaran yang telah dialokasikan, nantinya ada sekitar 2.400 RT/RW yang akan tercover anggaran program pembangunan berbasis RW tersebut. Setiap RW, nantinya akan memperoleh Rp 15 juta.

Pada awalnya, kata Hengky, Pemkab Bandung Barat berencana akan merealisasikan program pembangunan bagi setiap RW tersebut senilai Rp 100 juta per RW. Namun karena pandemi Covid-19, anggaran akhirnya dipangkas akibat menurunnya pendapatan asli daerah (PAD).

“Harap maklum, karena dampak pandemi membuat PAD kita menurun sebesar 60 persen. Perlahan tapi pasti, insya Allah kami akan menuntaskan janji-janji politik,” tutur Hengky.(adv/m zezen zainal m)

Comment