by

Hengki Kurniawan Dilantik Jadi Bupati Denitif Kabupaten Bandung Barat

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik HengkI Kurniawan sebagai Bupati Bandung Barat definitif sisa masa jabatan 2018-2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (7/11/2022).

Adapun HengkI dilantik sebagai Bupati Bandung Barat berdasarkan SK bernomor 131.32/7874/OTDA yang disampaikan melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri tertanggal 2 November 2022 dan ditujukan kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil. 

Video Pilihan:

Ridwan Kamil mewanti-wanti HengkI Kurniawan agar menjadi kepala daerah yang adaptif dalam merespons isu terkini. Apalagi, di tahun 2023 semua pemimpin di dunia akan menghadapi ancaman resesi.

“Tiap pemimpin mendapatkan sesuai zamannya masing-masing, ujiannya silih berganti satu pandemi dua potensi resesi,” ujar Ridwan Kamil.

Maka dari itu, Ridwan Kamil berpesan agar Hengki Kurniawan mulai menyiapkan skenario penanganan ancaman resesi 2023 di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

“Nah, Bandung Barat harus berhitung, apakah resesi berpengaruh kepada pariwisata yang menjadi andalan PAD KBB, jadi saya perintahkan untuk segera melakukan respons-respons yang terukur,” bebernya.

Resesi 2023 memang menjadi ancaman bagi seluruh daerah di Indonesia. Namun, Ridwan Kamil meyakini bahwa pemerintahan di Negara Kesatuan Republik Indonesia akan tetap berjalan.

“Walaupun hitungannya secara global Indonesia tetap akan berjalan tidak seperti negara-negara lain. Syaratnya satu, kalau punya uang belanjakan untuk produk dalam negeri, kalau mau travel-travelnya dalam negeri kalau bisa nabung, di tabung juga. Sehingga kalau ada apa-apa ada dana cadangan dalam merespons krisis di kita,” jelas pria yang akrab disapa Emil ini.

Emil juga meminta setelah resmi menjadi Bupati Bandung Barat definitif, Hengki tetap mengedepankan integritas, melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan profesional. Hal yang paling ditekankan, ia harus belajar dari pengalaman pemimpin terdahulu.

“Pertama kan proses pergantian terjadi dengan peristiwa hukum jadi saya minta Pak Hengky belajar dari itu terus agar tidak mengulangi makanya urusan integritas nomor satu,” ungkapnya.

Sementara itu, Hengki menyebut akan mengedepankan kecanggihan teknologi digital dan mengajak masyarakat KBB melalui gerakan menanam tanaman holtikultura.

“Manfaatkan teknologi untuk kemudahan, dukungan dari OPD, gercep gak bertele-tele, sepenuh hati penuhi masyarakat, resesi, ketahanan pangan di KBB ajak masyarakat menanam hortikultura sehingga harga pokok tidak tinggi,” tutur Hengki.

Tak hanya itu, Hengki memastikan pariwisata di KBB akan digenjot untuk menjadi role model PAD dari wisata di wilayah Bandung Raya. Ia pun merencanakan akan mendeklarasikan ‘KBB The Beauty of Priangan’.

“Insyaallah tahun depan deklarasikan ‘KBB The Beauty of Priangan’. Pariwisata dan SDM yang berkualitas itulah prioritas kami,” sebut Hengki.

Selain itu, Bupati KBB juga meminta agar semua elemen saling bahu membahu mencari solusi bersama ketika menemui masalah yang terjadi di Bandung Barat.

“Ketika ada masalah mari cari solusi bersama kompak dan gak saling menyalahkan,” tutup Hengki.

Comment