Jalan Tangsijaya Gununghalu KBB Akhirnya Rampung

KBB203564 Views

BandungKita.id, KBB – Masyarakat Sangat SenangMasyarakat Desa Gununghalu, Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya dapat menikmati mulusnya jalan Tangsijaya.

Pasalnya, sepanjang 4,3 kilometer akses jalan yang tembus ke Kabupaten Bandung tersebut kini mulus lantaran telah rampung diperbaiki oleh Pemkab Bandung Barat.

Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Arsan Latif bersyukur lantaran jalan yang sudah bertahun-tahun dinanti-nanti oleh masyarakat sudah rampung di perbaiki.

“Atas inisiasi pak Kades kita wujudkan rasa syukur ini dengan acara Ngompreng Bareng (makan bareng) dengan masyarakat,” kata Arsan usai meresmikan jalan Tangsijaya Gununghalu.

Kamis, (16/11/2023). Tak ingin hanya meresmikan jalan, kali ini Arsan juga memanfaatkan waktunya dengan mendengar langsung setiap keluhan dan kebutuhan masyarakat setempat.

Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

“Bahwa saya diberikan kewenangan mengambil tindakan tertentu, apabila ada sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Maka saya harus jalan lurus untuk mendapat apa yang dibutuhkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia mendapat sejumlah keluhan dari masyarakat setempat seperti, layanan kesehetan, pendidikan dan pembangunan infrastruktur.

“Contohnya adalah jalan ini masih perlu disambung (perbaikan) sekitar 1,5 kilometer. Sehingga akses produksi pertanian disini kayak kopi, padi bisa keluar demi meningkatnya perekonomian,” paparnya.

Kemudian, terkait lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk menerangi jalan yang baru diperbaiki tersebut untuk mengantisipasi kecelakan lalu lintas.

“Maka saya juga minta pak Kepala Dinas Perhubungan untuk segera menyiapkan PJU-nya. Karena jalan sudah bagus pengendara berkecepatan tinggi tapi gelap ini bisa berbahaya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) KBB, Ridwan menjelaskan, pembangunan Jalan Tangsijaya menggunakan dana dari APBD sebesar 10 miliar lebih.

“Yang sudah kita laksanakan (perbaikan jalan) sekarang 4,3 km lebih. Kemudian sisanya sekitar 1,5 km,” jelasnya.

Ia pun menambahkan, pihaknya akan terus berupaya untuk menuntaskan semua jalan dengan kondisi rusak demi kepentingan masyarakat.

“Seperti pak Pj Bupati sampaikan, karena ini (jalan) adalah kepentingan dasar masyarakat,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Endun (60) warga setempat mengaku senang lantaran akses jalan yang biasa dia lalui sehari-hari kini telah mulus.

“Kalau jalan mulus seperti ini Walau punya kendaraan butut (jelek) juga nyaman dipakainya,” ucapnya. Menurutnya, mulusnya jalan Tangsijaya tersebut akan sangat membantu memperlancar aktivitas masyarakat.

“Meski punya produksi sedikit juga bisa cepat selesai kalau jalannya bagus mah,” pungkasnya. *** “

Comment