by

Sejumlah Ruas Jalan Bakal Mengalami Peningkatan Volume Kendaraan, Ini Beberapa Titik Jalan yang Jadi Fokus Pengamanan Polda Jabar Saat Tahun Baru

 

BandungKita.id, BANDUNG – Polda Jabar siap mengamankan kemungkinan kepadatan di sejumlah titik ruas jalan Jawa Barat, saat libur Natal dan Tahun Baru 2019. Salah satu jalur yang kerap menjadi langganan kepadatan adalah kawasan Puncak.

Menurut Kapolda Jabar Agung Budi Maryoto, jalur puncak akan ditutup selama 12 jam pada malam puncak tahun baru 2019. Hal itu diungkapkan Agung selepas upacara Gelar Pasukan Lilin Lodaya 2018, di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (20/12/2018).

Setiap tahun baru, kawasan Puncak selalu menjadi jalur ramai yang dikunjungi masyarakat, karena itulah kepolisian memilih untuk menutup jalur tersebut agar tidak berimbas macet ke jalur lainnya.

“Seperti biasa, jalur puncak dipastikan akan macet total sehingga kami memilih untuk menutup jalur tersebut selama 12 jam di malam puncak, nanti kalau ada masyarakat yang sudah masuk jalur tersebut silahkan bergembira di sana atau hindari jalur puncak sejak awal,” kata Agung

Selain jalur puncak, Polda Jabar juga akan melakukan pengaturan jalur tol Cipali, meski sejauh ini belum ada rencana penutupan ruas tol, Polda Jabar akan berkoordinasi dulu dengan Polda Metro Jaya dan Kapolri, karena rekayasa di jalur tol sifatnya situasional.

“Soal penutupan ruas, kontra flow, dan satu arah itu situasional, nanti sesuai arahan bapak Kapolri, khususnya Cipali, sejauh ini  semaksimal mungkin dimanfaat kan dulu kapasitasnya , kita juga kan untuk arus mudik kordinasi dengan Polda Metro dan arus balik kordinasi dengan Polda Jateng,” kata Agung

 

Suasana Gelar Pasukan Lilin Lodaya 2018 di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (20/12/2018). (TRH/BandungKita.id)

 

Agung memprediksi titik kepadatan di Jawa Barat akan cukup banyak, sehingga pihaknya meminta izin kepada Kapolri untuk melaksanakan gelar pasukan 1 hari lebih awal dari provinsi lainnya.

Selain tol Cipali, jalur yang diprediksi menagalami kepadatan adalah wilayah selatan, seperti jalur Nagreg, Limbangan, Garut, dan terusannya.

“Anggota kita sudah mebuat banyak pospam di beberapa titik, jalur yang akan padat juga diprediksi banyak karenanya Polda Jabar atas seizin menggelar apel pasukan lebih awal, provinsi lain baru akan apel besok,” ujarnya

“Besok sudah mulai libur, jalur selatan sperti Nagreg, Garut, Limbangan, Juga diprediksi mulai padat, tapi anggota kita sudah siap lebih awal,” tambah Agung

Meski begitu, agar kemacetan tidak terlalu parah  Kapolda mengimbau agar masyarakat tidak perlu melakukan perayaan berlebihan.

“Saya tetap menghimbau perayaan tahun baru ini lebih baik kita berdoa kepada Allah SWT baik di mushola atau di masjid, hal itu jauh lebih baik maknanya daripada hura-hura di jalan,” tandasnya.***(TRH/BandungKita)

Comment