oleh

Emil Akan Data Ulang Kelompok Peduli DAS Citarum

BandungKita.id, BANDUNG – Berbagai langkah untuk menyelesaikan persoalan Sungai Citarum terus dilakukan. Terbaru, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Citarum Harum akan melakukan pendataan ulang terhadap kelompok-kelompok yang konses dalam upaya perbaikan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Ridwan Kamil mengatakan pendataan terhadap beberapa kompok tersebut akan dilakukan pada bulan Februari bertepatan dengan kegiatan Citarum Harum Expo.

“Di awal Februari, ada acara ekspo Citarum. Semua kelompok untuk daftar ulang komitmennya. Setelah daftar ulang pasukan, ada berapa ribu (kelompok). Semua akan melaksanakan aksi dan tugasnya dimana dan akan melakukan apa. Kalau butuh pendanaan dananya dari mana,” ujar Emil seperti dilaporkan Republika.co.id, Selasa (15/1/2019).

Selain melakukan pendataan terhadap kelompok yang konsen terhadap DAS Citarum, Emil meminta kepada kementerian atau lembaga lainnya tidak mengucurkan anggaran untuk penanganan Sungai Citarum sebelum koordinasi dengan Satgas Citarum Harum.

Ridwan Kamil juga mendorong agar para ulama ikut terlibat dalam penanganan Citarum dengan memberikan ceramah-ceramah tentang kebersihan lingkungan. Ia pun berharap agar seluruh lembaga dan instansi terkait untuk kompak dan bersatu dalam upaya perbaikan sungai Citarum.

“Masalahnya bukan uang atau ilmu tapi kekompakan, satu irama. Dimulainya komitmen Citarum akan berlangsung dengan baik,” Pungkas Emil.***(RES/BandungKita)

Komentar