oleh

Maksimalkan Kesehatan Warga Pelosok, Pemprov Jabar Rilis ‘Mpus’

BandungKita.id, CILILIN – Pemerintah Provinsi Jawa Barat luncurkan mini bus yang dilengkapi dengan perlengkapan layanan kesehatan di Alun-alun Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Senin (15/4/2019). Kendaraan tersebut diberi nama Mobile Puskesmas (MPUS) atau puskesmas keliling.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan MPUS adalah jawaban keluhan pelayanan kesehatan untuk warga Jabar terkhusus daerah terpencil.

“Hari ini kita merilis program mobile puskesmas sebagai jawaban keluhan, juga aspirasi warga Jabar khusus di daerah-daerah terpencil yang jauh dari puskesmas, jauh dari rumah sakit dan tentunya menjadi atensi kita,” ujar pria yang kerap disapa Emil.

Menurutnya, indeks manusia di Jabar tinggi di bidang pendidikan tapi masih rendah di bidang kesehatan. Salah satunya adalah pelayanan yang masih memiliki banyak masalah.

“Oleh karena itu Pemprov Jabar tahun ini punya 5 Mobile Puskesmas (MPUS). ini yang akan hadir ke daerah-daerah, ke gunung dan bukit-bukit di daerah terpencil dengan layanan yang setara dengan layanan puskesmas gedung,” tuturnya.

BACA JUGA:

Masa Tenang, APK di Bandung Barat Mulai Ditertibkan

 

Mistisme dan Jejak Caleg di Bandung Barat

 

Meskipun begitu, Emil menyadari 5 unit MPUS tahun ini belum mampu melayani ke 27 Kabupaten/Kota di Jabar lebih efektif. Namun dirinya akan terus menambah unit 5 tahun ke depan.

“Jumlah desa di Jabar ada 5000. Tentulah jumlah itu tidak cukup. Tapi dalam 5 tahun kita ingin perbanyak sehigga nanti tidak ada lagi cabang-cabang desa yang tidak terlayani. Karena negara membawa layanan kepada masyarakat termasuk pelayanan kesehatan,” paparnya.

Dalam satu unit mini bus tersebut, kata Emil, akan dilengkapi dua dokter umum, dua perawat, satu sopir dan teknisi layaknya puskemas memberikan pelayanan umum.

“Dokter umumnya bisa melakukan konsultasi secara online ditempat kepada dokter-dokter spesialis yang nanti bermarkas di command center kesehatan provinsi jabar,” sebut Emil.

Di luar pelayanan puskesmas keliling, pihaknya juga masih getol membangun infrastruktur untuk kesehatan.

“Ada wacana kita akan membuat Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) yang baru di Jatinangor. Kita perbanyak Puskesmas gedung juga. Kita perbanyak rumah sakit juga sampai betul kwalitas pelayanan kesehatn warga Jabar terbaik,” pungkasnya.***(Bagus Fallensky/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah

Komentar