oleh

Tanggulangi Masalah Sampah, Kementerian LHK Serahkan Fasilitas Pengolahan Sampah Bagi 6 Kabupaten/Kota di Jawa Barat

BandungKita.id, SOREANG – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, meresmikan fasilitas pengelolaan sampah di 6 kabupaten/kota yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Senin (15/4/2019). Peresmian itu dilakukan di Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Adapun fasilitas tersebut berupa pusat daur ulang sampah yang mampu menampung 10-30 ton per hari, bagi Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Bank sampah induk yang mampu menampung 1 ton sampah perhari, bagi Kota Bandung, Kabupaten Karawang, Kota Bekasi, Kabupaten Subang, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung. Serta 60 tempat sampah terpilah dan 35 unit motor sampah roda tiga, bagi masing-masing kabupaten/kota.

“Yang paling penting dari hadirnya fasilitas ini adalah kita berupaya mengurangi sampah dari sumbernya. Selain itu dengan operasi daur ulang ini kita mengurangi emisi gas rumah kaca,” kata Siti Nurbaya.

Menurutnya pengendalian sampah akan berpengaruh terhadap perbaikan atmosfer, karena jika di bumi banyak sampah, banyak Co2 dan banyak gas metana, maka akan mengurangi kualitas atmosfer.

BACA JUGA:

33 Juta Lebih Warga Jabar Sudah Ditetapkan Sebagai DPT

 

Selain itu dengan hadirnya Bank Sampah dan pusat daur ulang dinilai akan mengurangi beban angkut sampah ke tempat pembuangan akhir.

“Ongkos angkut akan menurun dan pengaruh perubahan iklim dapat dikendalikan,” paparnya.

Mengenai penerima fasilitas pengelolaan sampah yang hanya diserahkan bagi 6 kabupaten/kota, Siti mengatakan hal itu sebagai upaya untuk mendukung program Citarum Harum yang merujuk pada Peraturan Presiden nomor 15 tahun tahun 2018, tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum.

Selain 6 daerah tersebut, Kementerian LHK telah membangun sebanyak 7.700 bank sampah di seluruh wilayah Indonesia.

“Dari jumlah itu, sebanyak 1.700 ada di Jawa barat. Ini menunjukkan Jawa Barat sangat aktif dan dinamis, kita harus dorong terus,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu hadir pula Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian LHK, Rosa Vivien Ratnawati, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Bupati Bandung, Dadang Naser, dan Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyan. (Restu Sauqi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Komentar