by

KPU Akan Dorong Rekapitulasi Kabupaten Bandung Selesai Malam Ini

BandungKita.id, SOREANG – Rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Bandung hingga hari ketiga belum juga tuntas. Saat ini, tinggal kecamatan Dayeuhkolot dan Cileunyi yang belum direkapitulasi.

Namun demikian, KPU Kabupaten Bandung menargetkan penghitungan dua kecamatan tersebut selesai hari ini.

“Tinggal kecamatan Dayeuhkolot dan Cileunyi. Kita dorong hari ini selesai,” kata Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya, Rabu (1/5/2019).

Menurutnya, kalau pun penghitungan tidak tuntas malam ini, pihaknya akan melakukan esok hari atau lusa. Pasalnya, KPU Kabupaten Bandung memiliki batas akhir pengiriman hasil rekapitulasi ke KPU Jabar hingga tanggal 7 Mei 2019.

Agus mengakui bahwa sejumlah kecamatan harus melakukan revisi terhadap hasil penghitungan, terutama perbaikan jumlah daftar pemilih.

BACA JUGA:

Ruangan Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Bandung Pindah, Penghitungan Dilakukan Satu Panel

 

Tim SAR Temukan Jasad Pria yang Tenggelam di Sungai Citarik

 

“Tiap kecamatan ada saja koreksi. Ini revisi hanya data pemilih, bukan hasil perolehan suara,” ucapnya.

KPU menjelaskan adanya revisi terhadap sejumlah daftar pemilih disebabkan petugas keliru saat menuliskan data atau ada juga yang salah pencet jumlah.

“Tapi kesalahan ini kan terkontrol kok dari sistem. Kalau penjumlahannya yang mestinya 10 menjadi 11, sudah pasti sistem mendeteksi warna merah, berarti ini harus dicek lagi dan dikoreksi,” ungkapnya.

Ditanya mengenai adanya pembatasan saksi yang disebabkan perpindahan ruang pleno, Agus mengatakan hal tersebut telah sesuai aturan.

“Memang saksi yang bisa masuk hanya 2 orang. Kalau satu panel ya 2 orang. Karena kemarin 2 panel jadi jumlah saksi 4 orang,” pungkasnya.

Comment