by

Pelayanan Kesehatan Masih Kurang, Umbara Targetkan 3 Rumah Sakit di KBB Tersertifikasi Tipe C

BandungKita.id, LEMBANG – Pelayanan dasar kesehatan di Bandung Barat masih menuai banyak keluhan dari masyarakat. Mulai dari pelayanan, fasilitas, hingga kelengkapan alat kesehatan.

Meskipun demikian, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara targetkan tiga rumah sakit di Kabupaten Bandung Barat yang masih tipe D, bisa mendapat sertifikasi tipe C.

“Target 2020 masih tetap di tiga rumah sakit. Tapi lebih dioptimalkan meningkat dari tipe D menjadi tipe C semuanya supaya alkes (alat kesehatan) dan segala macamnya bisa terpenuhi,” ujar Aa saat ditemui di Panorama Hotel, Lembang Kamis (2/5/2019).

Ketiga rumah sakit tersebut, kata Aa, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cililin, Lembang dan Cikalong Wetan. Dia berharap, rujukan dari puskesmas-puskesmas tidak lagi ke RS di luar KBB.

“Rujukan dari puskesmas mudah-mudahan langsung ke (RSUD) Cililin, langsung ke Lembang, langsung ke Cikalong. Tidak ke Cibabat atau Hasan Sadikin lagi. Target kita itu,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Waduh! Diduga Lakukan Money Politics, Empat Caleg Petahana di KBB Terancam di-PAW dan Penjara 4 Tahun

 

Lagi, Anggota KPPS di KBB Meninggal Dunia

 

Menurutnya, jika Rumah Sakit di KBB sudah tipe C, pelayanan akan lebih maksimal dan fasilitas lebih baik.

“Memang betul bahwa di rumah sakit manapun masih banyak keluhan, masih banyak protes dari masyarakat, masih banyak juga yang tidak puas pelayanan di bidang kesehatan,” jelasnya.

Meskipun demikian pihaknya akan berusaha mengoptimalkan kebutuhan untuk memenuhi segala yang masih kurang.

“Tentu tidak bisa sekaligus karena kita harus sesuaikan dengan anggaran yang ada.Makanya kita upayakan bisa menambah PAD di KBB. Harus diimbangi seperti itu,” ujarnya.

Menurutnya, jika PAD bertambah, pelayanan dan harapan masyarakat bisa terealisasi.***(Bagus Fallensky/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment