oleh

Jelang Musim Mudik, Dishub Cimahi Periksa Kelaikan Kendaraan Umum

BandungKita.id, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) di sejumlah titik pemberhentian angkutan antar kota dan antar provinsi.

Kepala Seksi Angkutan Umum, Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan administrasi dan teknis.

“Untuk administrasi kita sudah menurunkan para petugas khususnya dari penyidik pegawai negeri sipil. Dari sisi teknis, kita langsung turunkan dari penguji kendaraan bermotor Dishub kota Cimahi,” kata Ranto saat ditemui di Pool Bis Budiman, Cimahi Mall, Senin (20/5/2019).

Dari hasil pemeriksaan, Ranto mengaku pihaknya mendapatkan beberapa temuan kendaraan tidak laik jalan.

“Baru tiga unit yang kita lakukan pemeriksaan, kebanyakan pelanggaran dari sisi kartu administrasi pengawasan, itu banyak yang sudah berakhir,” sebutnya.

Baca juga:

Terminal Cicaheum Bakal Diserbu 18 Ribu Pemudik

 

Komisi B Bakal Investigasi Penyebab Kebakaran di Pasar Kosambi

 

Sedangkan dari sisi teknis, pihaknya belum bisa melakukan penempelan sistim kelaikan. Sebab, lanjutnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan pengelola bus terkait temuan.

“Kita sudah layangkan langsung teguran berdasar informasi teknis dari teman-teman penguji. Kita langsung berikan teguran tertulis,” paparnya.

Meskipun hanya melakukan teguran pada pemeriksaan hari ini, Ranto mengatakan, pihaknya akan kembali mnelakukan ramp check minggu depan. Jika masih didapati ada kendaraan yang tidak mengindahkan teguran, maka terpaksa pihaknya harus mengandangkan kendaraan tersebut.

“Jika kendaraan tidak laik, maka kita akan lakukan pengandangan. Dalam artian kendaraan tidak boleh dioperasionalkan,” tegas Ranto.***(Bagus Fallensky/BandungKita.id)

Editor: Restu Sauqi

Komentar