oleh

Lagi Mudik ke Ciamis? Ini 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Libur Lebaran Ini

BandungKita.id, CIAMIS – Bagi Anda yang tengah mudik ke kampung halaman khususnya ke wilayah Priangan Timur seperti Ciamis, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran, pasti Anda akan melewati sebuah kota kecil nan manis dan menawan, yakni Ciamis.

Kabupaten Ciamis merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Ciamis juga dikenal sebagai salah satu wilayah di Jabar yang paling banyak mengalami pemekaran. Contohnya Di tahun 2002 kecamatan Banjar secara resmi menjadi kota otonom dan berdiri sendiri. Sepuluh tahun kemudian Pangandaran juga turut dimekarkan sehingga terbentuklah kabupaten Pangandaran.

Terbentuknya Kabupaten Pengandaran membuat Kabupaten Ciamis kini tidak memiliki garis pantai. Pada kesempatan ini kami akan mengulas destinasi wisata menarik di Kabupaten Ciamis dan sekitarnya, namun kami masih akan memasukkan destinasi di kabupaten Pangandaran ke dalam daftar.

Ciamis memiliki banyak destinasi wisata keren dan menawan. Bahkan sangat jarang ada di Indonesia. Berikut 10 pilihan tempat wisata di Ciamis yang wajib Anda kunjungi saat libur lebaran ini, cekidot :

1. Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu (foto:net)

Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Panjalu, Ciamis. Situ ini memiliki luas sekitar 57,95 hektar dengan pulau di tengahnya seluas sekitar 9,25 hektar, yang bernama pulau Nusa Gede. Di Pulau Nusa Gede terdapat hutan lindung beserta banyak terdapat peninggalan purbakala.

Konon, Nusa Gede awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu pada zaman dahulu kala, selain juga berfungsi sebagai benteng pertahanan. Di pulau tersebut juga terdapat sebuah makam penyebar agama Islam yang bernama Mbah Panjalu. Didalam hutan terdapat 307 pohon yang terdiri dari 30 jenis tumbuh rindang yang menjadikannya sejuk dan membuat pengunjung nyaman bersantai di pulau tersebut.

2. Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang Panjalu (foto:net)

Selain Situ Lengkong, Kecematan Panjalu juga memiliki satu destinasi wisata yang cukup terkenal dan perlu dikunjungi, yaitu adalah Curug Tujuh. Seperti namanya, destinasi ini merupakan curug (air terjun) yang berundak– undak sampai 7 tingkat. Tiap tingkat diberi nama yaitu Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

BACA JUGA :

Ini 9 Tempat Wisata di Bandung Raya Rekomendasi BandungKita.id yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

 

Ayo Kunjungi 7 Tempat Wisata Alam Keren di Bandung Barat Ini, Dijamin Terpesona

 

Curug ini berada pada ketinggian 800-900 Mdpl. Dengan tekstur tanah berbukit dengan suhu udara secara umum berada pada 17-18 derajat Celcius sehingga memberikan suhu yang sejuk. Untuk menikmati keindahan panorama ketujuh curug tersebut pengunjung harus naik mengitari bukit dengan melalui jalanan setapak yang dikelilingi oleh hutan pinus Perum Perhutani.

Namun rasa lelah setelah berjalan kaki cukup jauh, akan terpuaskan dengan menawannya pemandangan air terjun yang indah dan airnya sangat jernih. Selain itu, kita juga masih akan menjumpai sejumlah hewan primata seperti monyet atau kera. Namun mereka sudah jinak dan sering menyapa wisatawan.

3. Green Canyon

Green Canyon (foto:net)

Agenda wajib saat berada di Ciamis adalah melipir ke Pangandaran dan berkunjung ke Green Canyon yang disebut-sebut kembaran dari Grand Canyon di Amerika. Green Canyon sendiri adalah nama populer dari kawasan wisata Cukang Taneuh di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, kabupaten Pangandaran.

Untuk menyusuri sungai sepanjang Green Canyon ini maka Anda perlu untuk menyewa perahu kayu yang berjajar di tepi sungai saat pertama kali tiba di wisata ini. Harga sewa perahunya pun cukup terjangkau hanya dengan membayar Rp 7.500 per orang, maka pengunjung akan menemukan petualangan yang sangat menyejukan fikiran dan mata Anda. Pengunjung diajak menikmati keindahan sepanjang sungai Green Canyon Pangandaran oleh pemandu.

BACA JUGA :

Punya Rencana Liburan? Ini Dia 8 Destinasi Wisata Keren di Kabupaten Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi

 

Sepanjang perjalanan menyusuri sungai pengunjung akan dibawa untuk melihat panorama alam Green Canyon seperti di Amerika Serikat. Pemandangan seperti hutan dengan pepohonan rimbun, sungai jernih berwarna kehijauan tempat hidup hewan-hewan air seperti kadal,ikan, dan udang akan muncul ke permukaan sungai. Anda juga akan menikmati tebing-tebing tinggi dengan ukiran cantik yang mengapit sungai Green Canyon Pangandaran.

4. Wisata Sungai Citumang

Wisata Sungai Citumang (foto:net)

Obyek wisata alam sungai Citumang merupakan wisata alam yang memiliki daya tarik khusus, yaitu adanya sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan memiliki air yang bening hijau kebiruan.

Tepian sungai tersebut terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alami dan juga dialiri aliran sungai yang menembus ke dalam goa sehingga membuatnya semakin eksotis.

Keheningan alam akan pengunjung jumpai di sana. Kicauan burung serta alunan alami berupa gemercik air sungai, bisikan semerumput angin yang berhembus sepoi yang menyelinap di antara pepohonan memberikan kesenangan tersendiri bagi pengunjung.

Obyek wisata ini kurang lebih 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang. Jarak seluruhnya dari pusat kota Ciamis sekitar 95 km.

5. Pantai Pangandaran, Destinasi Paling Hits di Ex-Wilayah Ciamis

Pantai Pangandaran (foto:net)

Pantai Pangandaran pada masanya pernah menjadi salah destinasi paling hits di Kabupaten Ciamis. Tapi setelah kawasan Pangandaran berdiri sendiri sebagai sebuah kabupaten maka destinasi ini secara otomatis menjadi milik dari Kabupaten Pangandaran.

Pun demikian promosi wisata di pantai yang terkenal dengan fenomena sunrise dan sunset dalam satu lokasi ini masih berkaitan erat dengan Ciamis.

BACA JUGA :

Ini Dia 5 Tempat Wisata Keren di KBB Rekomendasi BandungKita.id

 

Ini 5 Alasan Mengapa Orang Banyak Memilih Berwisata ke Singapura

 

Pantai Pangandaran secara administratif terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dikenal memiliki fase pasang surut yang relatif lama sehingga meskipun posisinya berada di selatan Jawa namun cukup aman untuk bermain-main di perairannya.

Akan tetapi pantai ini tidak luput dari kisah mistis yang mengatakan bahwa Pantai Pangandaran merupakan satu dari sekian jalan menuju gerbang kerajaan penguasa pantai selatan yaitu Nyi Roro Kidul.

6. Pantai Batu Karas, Salah Satu Spot Surfing Favorit di Jawa Barat

Pantai Batu Karas (foto:net)

Saat liburan di Ciamis kalau mau menyambangi pantai-pantainya berarti traveler harus datang ke “mantan” wilayah kabupaten Ciamis yaitu Pangandaran. Di dalam kabupaten ini ada pantai yang disebut-sebut sebagai spot surfing terfavorit di provinsi Jawa Barat bersama Pantai Ujunggenteng di Sukabumi.

Pantai Batu Karas memang tidak terlalu luas namun cukup puas jika surfing disana. Setiap hari pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dimana kebanyakan dari mereka datang untuk menjajal keganasan ombak di Pantai Batu Karas.
Banyak juga traveler yang menjuluki pantai ini sebagai “Bali Kecil.” Di sekitar pantai ini telah tersedia banyak fasilitas pendukung mulai dari restoran hingga penginapan. Jalan menuju ke pantai ini searah dengan destinasi Green Canyon, jadi tidak sulit untuk menemukannya.

7. Pantai Batu Hiu, Pantai Dengan Karang Berbentuk Hiu

Pantai Batu Hiu (foto:net)

Beralih ke kecamatan Parigi terdapat sebuah pantai yang terkenal dengan karangnya yang berbentuk seperti ikan hiu sehingga dinamakan Pantai Batu Hiu. Berkunjung ke pantai ini traveler akan disuguhi dengan panorama Samudera Hindia yang ganas dengan ombak besar menghantam karang-karang serta pantai yang dikepung perbukitan hijau yang ditumbuhi tanaman pandan wangi.

Pantai Batu Hiu cukup menarik dikunjungi lantaran di pantai ini juga terdapat tempat penangkaran penyu dimana traveler bisa melihat dari dekat bagaimana cara pengembangbiakan dan pelestarian penyu di habitat aslinya. Satu lagi pantai batu Hiu cukup dikeramatkan oleh warga sekitar sehingga kalau mau berkunjung ke pantai ini traveler diminta untuk menjaga perkataan.

8. Pantai Karang Nini, Pantai Dengan Batu Karang Menyerupai Nenek-Nenek

Pantai Karang Nini (foto:net)

Pantai terakhir juga dikenal karena memiliki karang unik. Jika Pantai Batu Hiu karangnya berbentuk ikan hiu maka Pantai Karang Nini punya karang yang menyerupai nenek-nenek. Konon karang yang menyerupai seorang nenek tersebut adalah penjelmaan dari Nini yang setia menunggu suaminya pulang hingga ia berubah menjadi batu.

Dari Ciamis, traveler harus berkendara sejauh 83 kilometer ke arah selatan atau masuk ke dalam wilayah Kabupaten Pangandaran untuk mengunjungi pantai yang terletak di desa Emplak, kecamatan Kalipucang ini. Pantai Karang Nini berada di balik bukit dimana di sana ada menara pandang yang bisa digunakan traveler untuk menikmati pantai dalam sudut pandang yang lebih luas.

9. Kampung Adat Kuta

Kampung Adat Kuta (foto:net)

Kampung Adat Kuta merupakan sebuah dusun adat yang terletak di Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis.

Kampung adat merupakan salah satu wisata budaya di Indonesia ini mempunyai kebiasaan dan adat yang masih dipertahankan sejak dahulu hingga sekarang sehingga adat dan kebiasaan dari warga kampung adat ini menjadi daya tarik para wisatawan untuk dikunjungi. Kampung adat kuta mempunyai 2 RW dan 4 RT. Kampung Kuta terletak di sekitar lembah yang curam dan disekitar kampung terdapat tebing-tebing perbukitan.

BACA JUGA :

Ada Kampung Wisata Duren di Garut: Pengunjung Bisa Langsung Petik dari Pohon

 

Berkunjung ke Saung Ciburial, Wisatawan Bisa Menginap di Rumah Warga

 

Nama “Kuta” dalam bahasa Sunda mempunyai arti pagar tembok. Konon katanya berdirinya kampung adat kuta berhubungan dengan berdirinya kerajaan Galuh dan dahulu kampung kuta akan dijadikan ibu kota dari Kerajaan Galuh akan tetapi tidak jadi.

Berdirinya Kampung Kuta mempunyai banyak cerita bersejarah berhubungan dengan Kerajaan Galuh. Adapun tokoh yang sangat terkenal yaitu Aki Bumi dan Tuan Batasela. Adat dan kebiasaan para warga kampung Kuta tetep mempertahankan adat kebiasaan dari para leluhurnya. Dengan mempertahankan adat kebiasaan maka kondisi alam sekitar pun terjaga mulai dari hutan, mata air dan pohon-pohon sekitar tetap terjaga.

10. Masjid Agung Ciamis

Masjid Agung Ciamis (foto:net)

Kalau kamu ingin merasakan wisata religi maka jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata Ciamis yang terletak di pusat Kota Ciamis yaitu Masjid Agung Ciamis. Didirikan pada tahun 1882, sampai sekarang Masjid Agung Ciamis masih berdiri dengan kokoh.

Berbagai macam acara dan kegiatan agama Isalm dilaksanakan disini. Yang membedakan Masjid Agung Ciamis dengan Masjid Agung lainnya adalah disini terdapat ciri khas masjid yang terdapat pada bagian utara dan selatan masjid yaitu sebuah kolam air yang digunakan untuk mengambil air wudhu.

Wisata di Ciamis yang satu inimempunyai perpustakaan bawah tanah. Sehingga jika kamu sedang menunggu waktu solat tiba maka kamu bisa mampir ke perpustakaan bawah tanah untuk membaca buku-buku seputar Islam dan berbagai buku mengenai ilmu pengetahuan umum lainnya.

Itulah destinasi wisata di kabupaten Ciamis yang juga melibatkan beberapa destinasi di bekas wilayahnya yaitu Kabupaten Pangandaran. Traveler Ciamis yang punya rekomendasi tempat keren di wilayahnya bisa share lewat kolom komentar.(M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

dari berbagai sumber

Komentar