oleh

Optimalkan Perbaikan Citarum, Pemprov Jabar Ajukan Pinjaman Rp 1,4 Triliun ke Bank Dunia

BandungKita.id, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pemerintah dapat pinjaman uang sebesar Rp 1,4 triliun dari Bank Dunia yang akan digunakan untuk perbaikan sampah di sungai Citarum.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil setelah melantik Bupati Bekasi, di aula barat Gedung Sate Rabu (12/6/2019). “Ini bentuknya loan (pinjaman),” kata Ridwan Kamil.

Baca juga:

Citarum Semakin Menyempit Akibat Proyek Oxbow Bojongsoang, Warga Ingin Pengembang Perhatikan Aspek Lingkungan

 

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan presentasi sebelum dana tersebut dicairkan. “Bentuk pinajamanya G2G (Goverment to Goverment) nanti (pinjamannya) dibayar oleh penerintah pusat, presentasinya hari Senin, Insyaallah kalau lulus, uangnya turun,” Sambung Emil.

Lebih lanjut, kata Emil, dana tersebut akan digunakan salah satunya untuk edukasi masyarakat terkait penanggulangan sampah. “Kita ingin masalah sampah bukan soal beli alat canggih saja, tapi anggaran itu dipakai mengedukasi masyarakat agar sampah habis di rumah,” katanya.

Baca juga:

Limbah Sungai Citarum Sulit Diuraikan, LIPI Tawarkan 3 Solusi Ini

 

Meski begitu, dana tersebut juga bakal dipakai untuk fasilitas daur ulang sampah, lokasi pemilihan sampah dan menyiapkan infrastruktur wilayah.

Pihaknya berharap anggaran itu tidak hanya habis digunakan untuk infrastruktur, namun juga bisa memberikan pendidikan jangka panjang bagi masyarakat, sehingga masalah sampah bisa teratasi secara lebih mendasar.***(Tito Rohmatulloh/BandungKita)

Editor: Restu Sauqi

Komentar