by

Eddie Nkettiah Penentu Kemenangan Arsenal Kontra Bayern Munchen

Bandungkita.id, BOLA – Gol pemain muda Arsenal, Eddie Nkettiah berhasil menjadi penentu kemenangan The Gunners saat melawan Bayern Munchen pada laga uji coba di ajang International Champions Cup 2019 di Dignity Health Tennis Center Stadium, Amerika Serikat, Kamis (18/7/2019).

Kedua tim bermain imbang tanpa gol di sepanjang babak pertama. Setelah turun minum, Arsenal diuntungkan dengan gol bunuh diri yang dilakukan Louis Poznanski (49). Kemudian Bayern membalas dengan sundulan Robert Lewandowski (71). Kemenangan Arsenal ditentukan dengan gol Eddie Nketiah di menit ke-88.

Pemain berusia 20 tahun itu masuk pada babak kedua dan menjadi pahlawan kemenangan timnya setelah melakukan kerja sama dan menerima assit dari Calum Chambers.

Bagi suporter Arsenal, nama Nkettiah tidaklah asing. Dia sempat diberikan kepercayaan oleh Arsene Wenger, manajer Arsenal terdahulu, pada 2017 lalu di ajang Carabao Cup kontra Norwich City. Kepercayaan Wenger dibayar tuntas oleh Nkettiah dengan mencetak gol kemenangan timnya saat itu.

Baca juga:

Pep Guardiola Masih Butuh Leroy Sane

 

Dilaporkan Tempo, perjalanan karir Nkettiah cukup unik. Dia awalnya bergabung dengan rival sekota Arsenal, Chelsea di tim U-14. Bakatnya menarik perhatian Bob Arber, Kepala Rekrutmen Akademi Arsenal saat itu, setelah terus mencetak gol ketika kedua tim bertemu.

Tak disangka Chelsea justru membuang pemainnya itu pada 2015 karena Nkettiah dianggap memiliki tubuh terlalu kecil untuk pemain seusianya. Arber pun bergerak cepat untuk menyambarnya dan menyelamatkan karir si pemain.

Setelah mengamati si pemain, para pelatih di akademi Arsenal tak ragu-ragu memberikan dia tempat langsung di tim U-18, jauh di atas usianya saat itu yang baru 15 tahun.

Di tim U-18 Arsenal, Nkettiah terus menunjukkan kemampuannya sebagai seorang mesin gol. Liam Brady, Kepala Pengembangan Pemain Muda Arsenal saat itu, menyatakan bahwa Nkettiah menunjukkan mental yang kuat.

Baca juga:

Matthijs de Ligt Akhirnya Berlabuh di Juventus

 

Menurut dia, tak muda bagi seorang pemuda untuk melupakan apa yang dialami Nkettiah di Chelsea. Namun si pemuda tampak tak menghiraukannya dan terus mencetak gol.

Performa apik Nkettiah membuat dia naik ke tim U-23 Arsenal pada 2017 lalu. Di tim itulah dia kemudian menarik perhatian Arsene Wenger yang memberikannya kesempatan bermain di tim utama Arsenal.

Di laga kedua ICC, Arsenal akan berhadapan dengan Fiorentina (21/7). Sedangkan Bayern melawan Real Madrid di hari yang sama.****

Comment