Monumen Alutsista, Perkuat Identitas Cimahi Kota Militer

BandungKita.id, CIMAHI – Jelang HUT RI ke-74 tahun 2019, Pemkot Cimahi menghadirkan monumen alat utama sistem persenjataan (alutsista) di sejumlah taman di Kota Cimahi.

Peresmian penyimpanan alutsista berlangsung di taman media jalan HMS Mintaredja akses tol Baros, Selasa (13/8/2019). Taman tersebut juga dinamakan “Taman Perjuangan”, sebagai apresiasi atas perjuangan para leluhur merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.

Di taman tersebut, terpasang dua unit tank AMX-13. Tiga unit alutsista lainnya yaitu 2 unit panser ”Saladin” hingga meriam Gunung M-48 terpasang di depan Kompleks Padasuka Indah sebagai perbatasan dengan Kab. Bandung Barat dan Taman Sriwijaya.

Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan, Kota Cimahi identik dengan militer dengan sejarah sejak jaman kependudukan Belanda. “Hingga sekarang ada 13 pusdik TNI di Kota Cimahi, mayoritas TNI pasti pernah mengenyam pendidikan disini. Kita wujudkan dengan pemasangan alutsista sehingga menjadi simbol bahwa Cimahi memang identik dengan militer,” ujarnya.

BACA JUGA:

Polres Cimahi Dalami Laka Lantas yang Menimpa Anak Bupati Bengkulu

 

Dua Pelaku Komplotan Pencurian Emas di Cimahi Masih Buron

 

Keberadaan Taman Perjuangan serta Monumen Alustista selain sebagai tempat rekreasi juga memberi pemahaman sejarah kepada masyarakat tentang latar belakang sejarah Kota Cimahi yang dibangun pada zaman Pemerintahan Kolonial Belanda dengan fungsi utama sebagai tempat garnisun militer.

“Alutsista tersebut merupakan salah satu alat pertahanan negara yang dipakai TNI. Dengan monumen ini bisa dipakai masyarakat berwisata, juga sebagai sarana mengenal sejarah Kota Cimahi,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana menambahkan, keberadaan alutsista pada taman di Kota Cimahi menyempurnakan wisata militer dan sejarah Kota Cimahi.

“Alhamdulillah pimpinan TNI merespon Pemkot Cimahi dengan memberi hibah alutsista tersebut. Semuanya sudah didemiliterisasi, sehingga tinggal rangkanya saja dan aman untuk dilihat masyarakat. Tinggal kita pelihara dan jaga bersama,” jelasnya. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Sumber: Humas Pemkot Cimahi

Comment