by

Mengenal Komunitas Stand Up Indo Cimahi Wadahnya Komika Cimahi dan KBB Unjuk Gigi

BandungKita.id, CIMAHI – Stand up comedy menjadi sesuatu yang begitu diminati oleh banyak masyarakat di Indonesia saat ini. Stand up comedy adalah salah satu genre komedi yang dilakukan seseorang membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri.

Di Indonesia, komunitas stand up comedy berdiri tanggal 13 Juli 2011 ditandai dengan openmic perdana oleh Pandawa Lima (begitu para komika menyebut 5 orang ini) yaitu Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, Ryan Adriandhy, Ernest Prakasa, dan Isman HS.

Setelah openmic pertama di tanggal tersebut, virus stand up comedy menyebar secara pesat. Dari Sabang sampai Merauke, dari kota hingga kecamatan, ada komunitas stand up comedy yang semua ter-afiliasi dengan komunitas induk yaitu stand-up Indo.

Openmic adalah istilah untuk seseorang yang melakukan latihan stand-up comedy. Sedangkan kegiatan mengolah materi stand up comedy disebut sharing. Sementara orang yang sedang melakukan stand up comedy, disebut comic, atau komika dalam bahasa Indonesia.

Komunitas Stand Up Indo Cimahi ketika mengisi acara “CIMAHI CREADIGIFEST” yang diselenggarakan Pemkot Cimahi di Gedung Techno Park Cimahi, Jl. Baros No. 78, Kota Cimahi, Minggu (28/07/2019) malam (foto : istimewa)

 

Saat ini di Indonesia, stand up comedy telah memiliki komunitas skala nasional yaitu Stand Up Comedy Indonesia atau yang biasa disebut dengan Stand Up Indo. Dari komunitas ini, kemudian lahir komunitas-komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali di Kota Cimahi.

Adalah Stand Up Indo Cimahi, wadah bagi para komika dari Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) unjuk gigi. Menurut Akbar (25), salah satu anggota senior komunitas Stand Up Indo Cimahi komunitas ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 2014.

Namun, kata Akbar, sebelum komunitas ini berdiri, mereka hanya sebuah grup di facebook. Lalu pindah ke twitter. Kemudian tiga anggota grup facebook tersebut yaitu Akbar, Bachtiar dan Dika mendirikan komunitas stand up KBB.

“Namun karena hampir seluruh anggota berasal dari Cimahi dan supaya jangkauan lebih luas lagi, maka namanya diganti menjadi stand up Indo Cimahi,” jelas Akbar saat ditemui BandungKita.id, Senin (16/09/19).

 

BACA JUGA :

Innalillahi, Mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija Meninggal Dunia

 

Pasar Kuda Cimahi: Dahulu Berjaya, Kini Tinggal Kenangan

 

MUI Berharap Peringatan Tahun Baru Islam Mendukung Visi Misi Kota Cimahi

 

Ketua Stand Up Indo Cimahi, Asep Ilyas Ilyasa mengatakan anggota stand up Indo Cimahi terdiri dari warga Cimahi dan KBB dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi. Jumlahnya sekitar 30 orang. Namun yang aktif hanya sekitar belasan anggota.

Walau masih berusia muda, kata Ace, sapaan akrab Asep Ilyas, stand up Indo Cimahi terbilang sukses. Prestasi para anggotanya tak bisa dianggap remeh.

“Ada tiga orang yang sudah cukup terkenal di regional Bandung sebagai komika pembuka di pertunjukan stand up comedian nasional, yaitu Aep Statham, Fahmi Logan, dan Aduy. Aep bahkan pernah masuk Street Comedy 5 Metro TV,” tambah Ace.

Stand Up Indo Cimahi sering menyelenggarakan banyak acara diantaranya Lomba Stand Up Comedy antar sekolah pada tahun 2015,2016, dan 2017 juga acara rutin setiap tahun yaitu “Stand Up Indo Cimahi Go To School” sebagai seminar pengenalan Stand Up Comedy pada siswa-siswi sekolah.

Ferry Oday (kiri) dan Gaga Arifin (kanan) MC Stand Up Indo Cimahi ketika membuka acara open mic “CANDU” (Bercanda Malam Rabu) di Kafe Negeri Kaya Kopi, Ciawitali, Kota Cimahi, beberapa waktu lalu. (foto : istimewa)

 

Namun selain pengalaman yang menyenangkan, komunitas stand up Indo Cimahi juga mengalami beberapa peristiwa menyedihkan.

“Kita pernah diundang himpunan kampus tapi enggak ada yang nonton sama sekali kecuali panitia. Kita juga pernah diundang mengisi acara sunatan, eh ternyata pas datang acaranya sudah selesai,” ujar Ace.

Komunitas stand up Indo Cimahi juga rutin menggelar openmic setiap Selasa malam mulai pukul 20.00 di Kafe Negeri Kaya Kopi Jalan Ciawitali, Citeureup, Kota Cimahi. Bagi anda yang tertarik ingin belajar stand up atau mencoba openmic, Anda bisa mencobanya pada acara tersebut. Gratis. (Azmy Yanuar Muttaqien)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment