by

Aktivitas Penambangan di Citatah Harus Mewaspadai Sesar Aktif Cimandiri

Bandungkita.id, NGAMPRAH – Belum banyak orang tahu bahwa wilayah Bandung Barat (KBB) dilintasi dua sesar aktif yang sewaktu-waktu bakal bergerak menjadi gempa bumi. Selain sesar Lembang, KBB memiliki sesar aktif Cimandiri yang juga patut diwaspadai semua pihak.

Pengamat Geologi ITB, Reza Permadi menjelaskan, Sesar Cimandiri merupakan sesar aktif di Jawa Barat yang membentang dari Ujung Genteng, Sukabumi sampai Ciburuy, Padalarang, KBB.

“Kebetulan dari Lipi sudah memetakan itu. Tapi pemetaannya belum sedetail seperti Sesar Lembang,” ujar Reza.

Reza juga menjelaskan, bentangan Sesar Cimandiri melintasi aktivitas pertambangan kapur dan marmer di kawasan Citatah, Kecamatan Cipatat. Maka sudah seharusnya kegiatan tambang itu waspada dengan cara menjauhi jalur sesar.

“Sebenarnya yang perlu diperhatikan adalah aktivitas tambang menghindari jalur Sesar Cimandiri. Bukan hanya pengusaha tambang, tapi rumah-rumah warga juga harus menjauh dari garis Sesar,” imbaunya.

 

BACA JUGA:

Hingga Minggu Depan, Suhu Panas Masih Melanda Sebagian Besar Wilayah Indonesia

 

5 Tips Mengatur Jadwal Olahraga Rutin di Tengah Kesibukan Sehari-hari

 

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD KBB, Dicky Maulana, bentangan Sesar Cimandiri di KBB melintang dari Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang ke arah barat Desa Rajamandala Kulon Kecamatan Cipatat.

“Hasil dari kajian di ITB itu ternyata Bandung Barat Sesar Cimandiri masuk di wilayah KBB. Garisnya dari Ciburuy sampai Rajamandala. Titiknya masuk ke wilayah Desa Cipangeran sampai ke barat Rajamandala,” ungkap Dicky di kantor BPBD KBB, Senin (21/10).

Dicky menyebutkan, BPBD KBB akan melakukan pemasangan papan rambu-rambu kebencanaan, peringatan dan jalur evakuasi di 13 titik patahan Cimandiri di KBB dalam waktu dekat.

“Kemarin tim kita dengan ITB sudah survey untuk menentukan titik-titiknya. Ada 13 titik yang sudah ditentukan. Tinggal dipasang,” papar Dicky.

Dicky menjelaskan, panjang Sesar Cimandiri di KBB membentang sampai 17 kilometer. Sementara, Sesar Lembang membentang sampai 29 kilometer.****(Restu Sauqi)

Editor: Dian Aisyah

Comment