oleh

Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Komisi IV DPRD Dorong 3 RSUD di KBB Jadi Tipe C

BandungKita.id, NGAMPRAH – Komisi IV DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendorong RSUD Lembang, RSUD Cililin dan RSUD Cikalong Wetan naik level menjadi rumah sakit tipe D. Hal tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Untuk memastikan hal itu, Komisi IV telah melakukan kunjungan kerja ke 3 rumah sakit tersebut, Senin (4/11/2019). Dari hasil kunjungan, mereka melihat tiga rumah sakit itu layak untuk didorong menjadi tipe D.

 

BACA JUGA :

Waduh! Duit Hasil Korupsi BPJS RSUD Lembang Dipakai Beli Rumah dan Bisnis Ternak Ayam

 

 

“Kita sudah melakukan kunjungan kerja ke 3 rumah sakit itu, jika dilihat dari segi SDM, memang sudah cukup. Dokter spesialis sudah ada 11 dokter. Jadi, bisa naik menjadi tipe C,” papar Wakil Ketua Komisi IV DPRD KBB, Amung Ma’mur.

Meski demikian, jika dilihat dari sarana fisik. Tiga RSUD itu masih memiliki kekurangan, sehingga perlu didukung untuk perluasan lahan.

“Contoh di RSUD Lembang, Kita akan dorong dari sisi fisik, karen luas lahannya cuma 6.600 meter persegi. Masih sempit, mudah-mudah ke depan dilakukan pengembangan lagi,” jelasnya.

 

BACA JUGA :

Gaduh Saat Cek Kesehatan, Dirut RSUD Cikalong Sebut Bakal Calon Kades Tidak Sabar

 

 

Selain didorong berubah menjadi tipe C, 3 rumah sakit daerah itu juga diharapkan mampu menjadi satuan kerja berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), sehingga tidak lagi mendapat kesulitan keuangan.

“Kita mendapat keluhan dokter spesialis yang belum terima tunjangan kinerja. Bahkan di tahun 2018 tidak cair, kita mendengarkan curhatan itu. Maka penting juga untuk menjadikan 3 RSUD ini jadi BLUD,” paparnya.

DPRD juga akan membantu mengalokasikan dana dari APBD tahun 2020 untuk sertifikasi tiga RSUD tersebut. “Setelah ini kita dorong menjadi RKA untuk APB Murni sebagai aspirasi dari stakeholder. Termasuk juga biaya untuk sertifikasi rumah sakit,” pungkasnya. ***(Restu Sauqi/BandungKita.id)

 

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Komentar