by

Sidak Dewan di Cililin, Yang Dilakukan: Makan-Makan, Celingukan di Lapangan, Lalu Pulang

BandungKita.id, CILILIN – Keinginan masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan adanya perbaikan terhadap kinerja Anggota Dewan, agaknya masih jauh dari harapan.

Pasalnya, pada hari Selasa (3/12/2019), rombongan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KBB melakukan Sidak (Inspeksi Mendadak) pada proyek peningkatan Jalan Cililin-Sukatani yang dikerjakan rekanan.

Dari pantauan BandungKita.id, Sidak yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III, Dona Ahmad Muharam hanya celingukan saja dilapangan. Mereka bergerombol dipinggir jalan yang akan disidak, di depan kantor Balai Desa Cililin dengan dalih menunggu datangnya pejabat PUPR KBB, rombongan Komisi III DPRD KBB ini pergi makan-makan, kembali lagi ke lapangan, lalu pulang. Tanpa melakukan aktifitas sebagaimana layaknya Sidak.

BACA JUGA :

Wow! Natasya Arimbi, Siswa SMAN 1 Cililin KBB Juara Pidato di Busan Korea Selatan

 

Ketika disinggung mengapa mereka hanya bergerombol saja, salah seorang anggota dewan, Alit Munawar menyebutkan, mereka masih menunggu pejabat PUPR dan Konsultan. “Kita masih menunggu pejabat PUPR dan konsultan,” terang Alit, kepada BandungKita.id.

Lebih jauh, politisi senior PKB itu menjelaskan bahwa kehadiran PUPR dan Konsultan menjadi penting. “Kehadiran mereka (PUPR dan Konsultan. Red.) penting sekali, mereka yang harus menjekaskan kepada kami, apakah pekerjaan sesuai atau tidak dengan spesifikasi di RAB ?,” sambungnya.

 

Gedung DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Jalan Tagog Padalarang (foto:istimewa)

 

Ditanya apakah PUPR dan Konsultan sudah tau hari itu ada sidak atau tidak, Alit memastikan bahwa mereka sudah tau jadwal itu.  “Rencana sidak hari ini sudah kami sepakati dengan PUPR dan Konsultan”, pungkas Alit, dengan nada kecewa.

Ketidakhadiran pejabat PUPR dan Konsultan, komitmen mereka terhadap tanggung jawabnya layak dipertanyakan, selayaknya dewan memanggil mereka. Pimpinan sidak, Dona Ahmad Muharam tidak mau berkomentar. “Nanti kita komunikasi saja lewat telepon”, jawab Dona sambil bergegas pulang.

BACA JUGA :

Innalillahi, Sejumlah Bangunan di Cililin KBB Luluh Lantak Diterjang Angin Puting Beliung

 

Ditanyakan alasan ketidakhadiran pada sidak Komisi III DPRD KBB di Cililin, Kabid Jalan dan Jembatan PUPR KBB, Ridwan tidak mau menjawab, pesan WhatsApp yang BandungKita.id sampaikan, hanya dibaca saja.

Di lain pihak, Konsultan mengaku diberitahu oleh PUPR saat rombongan Komisi III sudah berada di lokasi. “Saya dikasih tau ada sidak menjelang Dzuhur ketika saya sedang di Sukabumi, ada keperluan mendadak”, jelas Heryadi, Konsultan Pengawas melalui telepon.

Sidak Komisi III DPRD KBB yang datang hanya makan-makan, celingukan di proyek, lalu pulang itu dikomentari miring oleh warga. “Ah kalo datang untuk sekadar makan-makan terus pulang mah bukan sidak,” tutur Yusup, warga Kaum Cililin. “Sidak itu mesti bawa hasil sebagai bahan kajian dan evaluasi dewan,” pungkasnya di lokasi. ***(Dadang Gondrong/BandungKita.id).

 

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment