by

Terkait Raihan Suara Sama, Pendukung Cakades Cintakarya KBB Minta Digelar Pilkades Ulang dan Ajukan Bukti Kecurangan

BandungKita.id, KBB – Puluhan pendukung dan simpatisan Wawan Setiawan, salah satu Calon Kepala Desa (Cakades) Desa Cintakarya, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggeruduk Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) KBB, Selasa (17/12/2019).

Spanduk bertuliskan “Aksi Damai Forum Masyarakat Desa Cintarkarya” dibawa para pendukung Wawan saat melakukan audiensi dengan DPMD KBB. Aparat kepolisian dari Polres Cimahi dan anggota Satpol PP menjaga ketat pertemuan yang berlangsung cukup panas tersebut.

Salah seorang tim sukses Wawan, Asep Witarsa mengatakan kedatangan mereka ke Pemkab Bandung Barat yakni untuk menuntu keadilan karena merasa telah menjadi korban dari peraturan yang dikeluarkan oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara yakni Perbup 35 Tahun 2019.

“Kedatangan kami untuk menyampaikan beberapa tuntutan terkait hasil Pilkades Desa Cintakarya, seperti yang sudah diketahui dua calon memperoleh raihan suara sama,” ungkap Asep Witarsa.

Forum warga Desa Cintakarya, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan pertemuan dengan P2KD dan DPMD KBB untuk menuntut digelarnya pilkades ulang karena ada dua calon kades yang meraih suara sama (Dadang Gondrong/ BandungKita.id)

Pantauan Bandungkita.id, beberapa peserta dialog menyampaikan beberapa tuntutan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) KBB.

“Di desa yang ada selisih raihan suaranya saja, menyampaikan hal serupa apabila ada temuan. Apalagi di Desa Cintakarya yang perolehan dua calon seri atau raihan suara sama,” kata Asep Witarsa.

Dijelaskan Asep Witarsa, pihaknya menyampaikan beberapa tuntutan kepada Pemkab Bandung Barat melalui DPMD dan P2KD diantaranya adalah menunda pelantikan Kepala Desa Cintakarya sebelum sengketa diselesaikan dan menuntut pilkades ulang di Desa Cintakarya.

Selain itu, Asep dan timnya juga melaporkan adanya dugaan kecurangan berupa adanya pemilih yang berdomisili di luar Desa Cintakarya.

BACA JUGA :

Raihan Suara Sama di Pilkades Desa Cintakarya KBB Berpotensi Timbulkan Konflik Horizontal

 

 

Pilkades Serentak KBB Telah Usai, Ini Dia Nama-nama Calon Kades Terpilih

 

 

“Tak hanya itu, kami juga melaporkan dan mempertanyakan keengganan P2KD Desa Cintakarya untuk membuka kotak suara. Apa dasar hukumnya. Kami sudah menyiapkan berbagai buktinya dan akan dilampirkan dalam laporan kami,” ungkap Asep Witarsa.

Terpisah, Wakil Ketua P2KD KBB Wandiana menjelaskan semua aturan pelaksanaan Pilkades sebenarnya sudah tertuang dalam Perbub 35 tahun 2019, tentang tata cara Pemilihan Kepala Desa. \

“Semua aturan main pemilihan kepala desa sudah lengkap dalam Perbup 35, termasuk bagaimana memutuskan apabila ada calon memperoleh raihan suara sama seperti di Desa Cintakarya,” papar Wandiana kepada peserta dialog yang dalam pemaparannya didukung oleh alat bantu infokus yang semua peserta bisa melihatnya dengan jelas.

Dijelaskan Wandiana, P2KD KBB meminta waktu satu minggu untuk melakukan kajian dan penelitian bukti-bukti yang disampaikan pengadu. “Kami minta waktu seminggu dari sekarang untuk meneliti dan mengkaji bukti-bukti yang dilampirkan dalam laporan keberatan, walau menurut aturan bisa tiga puluh hari,” kata Wandiana.(Dadang Gondrong/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment