by

Horee! Setelah Ramai-ramai Sindir Bupati, Tukin PNS KBB Akhirnya Cair

BandungKita.id, KBB – Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bandung Barat kini dapat tersenyum bahagia. Pasalnya tunjangan kinerja (tukin) yang menjadi hak para PNS di Kabupaten Bandung Barat akhirnya cair.

Sebelumnya para PNS KBB gusar dan mengeluh karena hingga 31 Desember 2019 kemarin, tukin yang menjadi hak mereka tak juga dicairkan Pemkab Bandung Barat. Namun setelah diberitakan BandungKita.id, Pemkab Bandung Barat langsung merespon dengan mencairkan tukin para PNS KBB pada sore harinya atau pada 31 Desember 2019.

Kepastian cairnya tukin yang menjadi hak para PNS KBB tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Agustina Piryanti dengan menghubungi BandungKita.id.

“Tukin sudah cair ya Pak,” kata Agustina saat menghubungi BandungKita.id melalui ponselnya.

Dijelaskan Agustina, tukin yang menjadi hak para PNS KBB sudah dicairkan pada Selasa (31/12/2019) sore. Namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut alasan dicairkannya tukin tersebut. Padahal sebelumnya, ia menyatakan ada kemungkinan tukin tidak akan cair karena kas daerah Pemkab Bandung Barat masih tekor.

“Iya udah cair,” kata Agustina menegaskan.

BACA JUGA :

PNS KBB : Kami Disuruh Lumpaaat, Tapi Bupati Tidak Memperhatikan Hak Kami

 

 

 

PNS KBB Heboh! Gaji ke-13 Cair, Tapi Kenapa Tunjangan Kinerja Tak Dicairkan Pemkab Bandung Barat?

 

 

Dikonfirmasi terpisah, sejumlah PNS KBB justru mengaku bahwa mereka belum mendapat informasi mengenai cairnya tukin yang dinantikan para PNS tersebut.

“Iya katanya cair,  tapi tadi saya cek belum ada di rekening. Mungkin beberapa hari baru masuk, biasa lah,” kata seorang PNS yang dikonfirmasi BandungKita.id.

PNS lainnya juga menyatakan hal senada. Bahkan, kata dia, hingga Rabu (1/1/2020) mereka belum menerima dana tukin di rekening mereka. “Belum ada sampai sekarang,” kata PNS tersebut.

Sebelumnya diberitakan BandungKita.id para PNS di Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjerit. Pasalnya, hingga akhir tahun ini hak mereka berupa tunjangan kinerja (tukin) ke-13 yang seharusnya dibayarkan pada Juli lalu, tak kunjung cair dan ada kemungkinan hangus alias tidak bakal diterima para PNS.

Para PNS KBB pun kontan berontak dan ramai-ramai protes karena menyangkut dengan hak yang harus mereka peroleh. Mereka mengaku kecewa dengan Bupati KBB Aa Umbara Sutisna, Sekda dan jajarannya di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) KBB.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna memberikan pengarahan kepada pegawai Pemkab Bandung Barat dalam apel pagi beberapa waktu lalu. (foto : istimewa/humaskbb)

 

Mereka mempertanyakan mengapa tukin tak kunjung dicairkan Pemkab Bandung Barat. Padahal PNS di kabupaten/kota lain sudah sejak lama menerima hak tukin mereka.

Mereka bahkan berani menyindir Bupati dengan menyebut “Kami disuruh Lumpaaat, tapi Bupati tak memperhatikan hak kami”. Upaya para PNS pun berhasil. Bupati langsung merespon dengan mencairkan tukin para PNS sebelum berganti tahun. Sebab jika sudah berganti tahun, otomatis tukin mereka bakal hangus.

“Katanya kami (PNS) disuruh Lumpaaat. Tapi hak PNS-nya aja enggak diberikan. Bupati tidak memperhatikan hak kami. Gimana kami mau lumpaat,” ujar sejumlah PNS kepada BandungKita.id, Selasa (31/12/2019).

Masyararakat KBB pun punya harapan untuk Anda para PNS KBB! Semoga para PNS KBB kembali semangat bekerja dan melayani masyarakat lebih baik ya. Karena tukin yang didambakan selama ini dan nyaris hangus, kini sudah cair dan mungkin sudah berada di rekening masing-masing. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment