by

Ingin Perfilman Indonesia Makin Maju, Nadiem Makarim Gandeng Netflix

BandungKita.id, FILM – Netflix baru saja mengumumkan investasinya sebesar US$1 juta atau sekitar Rp14 miliar di Indonesia. Investasi ini akan digunakan untuk beberapa inisiatif, salah satunya membawa insan perfilman mengikuti program ‘Script to Screen’ di Hollywood.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan, Netflix akan mengirim 10 penulis skrip. Di sana mereka akan berinteraksi dengan tim kreatif Netflix dan komunitas kreatif global.

“Kita pilih bekerjasama dengan Netflix karena distribusinya sudah global. Apalagi cara kita menunjukkan talenta perfilman Indonesia kalau tidak melalui Netflix,” ujar Nadiem Makarim seperti dilansir vivanews.

Penulis skrip yang dikirim ke Hollywood akan belajar mengenai konteks script writing dan film science. Selain itu platform asal negeri Paman Sam ini juga akan melakukan pelatihan di Indonesia dengan kuota 100 peserta.

BACA JUGA :

Bukan Joker, Film Ini yang Justru Dinobatkan “Film Terbaik” di Golden Globes 2020

Film “Jumanji: The Next Level” Tayang di Indonesia, Berikut Sinopsisnya

Bintangi Film Horror, Cinta Laura Diganjar Penghargaan Aktris Terbaik Amerika

Ada juga kompetisi film pendek dengan tema asas-asas Pancasila yang berhadiah sebesar US$600 ribu. Menurut mantan petinggi Gojek ini, dengan mengembangkan talenta semakin besar juga peluang Indonesia dijadikan destinasi produksi film.

“Netflix sangat berbahagia mengetahui potensi besar yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan generasi penerus industri perfilman. Terlebih dengan pemerintah yang mengembangkan, kami percaya akan ada banyak cerita hebat yang dihasilkan,” kata Managing Director Netflix Asia Pasific, Kuek Yu-Chuang.

Menurut Nadiem saat ini sudah waktunya Indonesia tampil di panggung dunia. “Negara kita dikenal akan keindahannya, tapi baru sedikit yang diketahui dunia. Generasi saat ini harus memiliki warisan yang membanggakan untuk anak muda,” kata Nadiem. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : vivanews

Comment