by

Muspika Kecamatan Cangkuang Gelar Penanaman 1.000 Pohon di Desa Bandasari

BandungKita.id, KAB BANDUNG – Jajaran Muspika Kecamatan Cangkuang, tokoh masyarakat, pelajar, pramuka, masyarakat serta para kepala desa di Kecamatan Cangkuang, melaksanakan kegiatan penanaman pohon di areal fasos fasum Kompleks Bumi Parahyangan Kencana (Parken) Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jumat (10/1/2020).

Sedikitnya 1.000 batang pohon ditanam secara serempak di sepanjang jalan Desa Bandasari sepanjang kurang lebih 3 kilometer. Penanaman pohon dimulai dari Kompleks Parahyangan Kencana kemudian ke Desa Bandasari hingga ke Perumahan Banda Asri.

Unsur Muspika Kecamatan Cangkuang, para kepala desa dan tokoh masyarakat di Kecamatan Cangkuang mengikuti kegiatan penanaman pohon di Kompleks Bumi Parahyangan Kencana (Parken) Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, jumat (10/1/2020). (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Kegiatan penanaman pohon dimulai secara simbolis oleh Camat Cangkuang, Yudi Fadillah, Danramil Cangkuang, Kapolsek Banjaran, Kepala Desa Bandasari Agus Salim dan Perwakilan Perum Perumnas Endang Sudrajat. Kemudian penanaman diikuti oleh para kepala desa lain serta tokoh masyarakat.

Berdasarkan pantauan BandungKita.id, mayoritas pohon yang ditanam adalah pohon buah-buahan seperti durian, mangga, jambu, sirsak, dan jenis buah-buahan lainnya.

Camat Cangkuang Yudi Fadillah berharap kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya sebatas seremonial. Ia berharap setelah pohon ditanam masyarakat dapat menjaga dan merawat pohon agar dapat tumbuh besar dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Camat Cangkuang (kedua kanan), Yudi Fadillah berfoto bersama dengan Kepala Desa Bandasari Agus Salim (kedua kiri) dan perwakilan Perum Perumnas Endang S dan Ketua RW 14 Reki Oktaviandi (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

“Jangan sampai setelah ditanam “cul we” (ditinggal). Jangan seperti itu. Mari kita sama-sama memelihara. Mari kita rawat pohon-pohon yang kita tanam ini agar bisa bermanfaat buat semuanya,” kata Yudi saat memberikan sambutan di sela-sela acara.

BACA JUGA :

Puluhan Warga Desa Bandasari Cangkuang Mengungsi, Ini Penyebabnya

Warga Parken Cangkuang Bangun Dua Masjid Sekaligus, Donatur Tertarik Berinfak?

Warga Korban Tanah Bergerak Antusias, Bupati Resmikan Hunian Tetap Sabilulungan

Karnaval Kemerdekaan Warga Blok D Parken Berlangsung Seru dan Meriah

Dijelaskan Yudi, kegiatan penanaman pohon tersebut diharapkan menjadi gaya hidup masyarakat Cangkuang sekaligus motivasi masyarakat agar dapat ikut serta menjaga lingkungan salah satunya dengan merawat pohon.

“Insya Allah setelah Desa Bandasari ini nanti akan dilanjutkan ke seluruh desa di Kecamatan Cangkuang. Momennya juga pas karena saat ini musim hujan,” kata Yudi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Desa Bandasari, Agus Salim. Agus mengaku bangga desanya dijadikan lokasi penanaman pohon oleh Muspika Cangkuang.

Selain melakukan penanaman pohon di sepanjang Jalan Desa Bandasari, Agus mengatakan pihaknya akan terus berusaha membenahi lingkungan desa, salah satunya dengan melakukan penataan lingkungan terutama fasos fasum di kawasan Perumahan Parahyangan Kencana (Parken) Blok D dan Blok F.

“Insya Allah kami ke depan akan menjadikan fasos fasum di Parken ini menjadi taman-taman yang dapat dinikmati masyarakat. Jangan kumuh seperti sekarang. Nanti ada jogging track, taman bermain dan gazebo-gazebo,” kata Agus Salim.(M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment