by

9 Film Berdasar Kisah Nyata Peraih Penghargaan Versi Cathplay Yang Banyak di Tonton Netizen +62

Bandungkita.id, Hai baraya, selama pandemi ini kita lebih banyak dirumah ya, tidak ada salahnya, diwaktu senggang, kita nonton bareng keluarga, naah ini dia Film-Film yang sering Crew Bandungkita juga tonton, simak artikel yang kita realis dari Cathplay ini, semoga puasa kita jadi makin seru biar di Rumah terus. selamat membaca

Biopik atau film berdasar kisah nyata sering jadi ajang sineas dan aktor adu hebat. Seperti 9 film ini, yang sukses raih penghargaan di berbagai kompetisi internasional.

Meski Penghargaan Oscar dianggap puncak kompetisi film di dunia, tak berarti banyak ajang lain dilihat dengan sebelah mata. Kompetisi lain tetap bergengsi justru karena kurasi filmnya, kekhasan negara penyelenggaranya, atau karakteristik jurinya.

Baca Juga:

Nekat Buka di Tengah Pandemi Covid-19, Tempat Karaoke di Kota Bandung Ini Disegel Satpol PP

Suzuki Luncurkan Mobil LCGC Baru, Harganya Murah Banget Tapi Enggak Murahan

Mazda CX-8 Resmi Mengaspal di Indonesia, Intip Fitur Canggih dan Harganya

Genre biopik dan ‘berdasar kisah nyata’ sering jadi adu gengsi bagi sineas dan para aktor. Karena genre ini mengisahkan orang atau peristiwa yang pernah benar-benar terjadi. Orang menilai dan membandingkan seberapa mirip film menggambarkan sejarah, atau seberapa hidup aktor dan aktrisnya ‘menghidupkan’ karakter.

JUDY – Aktris Terbaik Oscar 2020 untuk Renée Zellweger

Lewat Judy , untuk kedua kalinya Renée Zellweger gaet Oscar setelah Cold Mountain (2003) sebagai Aktris Pendukung Terbaik. Tahun ini bintang amat bersinar jatuh padanya. Aktris Terbaik! Dalam perjalanan menuju Oscar, Judy  juga raih Golden Globes dan BAFTA di kategori sama.

Dibesut Rupert Goold, juga didukung Jessie Buckley dan Finn WittrockJudy adalah biopik aktris Judy Garland, aktris utama The Wizard of Oz (1939) yang kemudian jadi klasik modern itu. Judy kisahkan 30 tahun setelah membintangi The Wizard of Oz, Judy Garland (Renée Zellweger) tiba di London, Inggris untuk tampil dalam pertunjukan yang tiketnya terjual habis di klub Talk of the Town, London. Ia mengenang teman, penggemar, dan awal percintaannya dengan musisi Mickey Deans (Finn Wittrock), yang kelak jadi suami kelimanya.

Baca Juga:

Gara-gara Virus Corona, 5 Film Hollywood Paling Dinanti Ini Ditunda Tayang

Ingin Perfilman Indonesia Makin Maju, Nadiem Makarim Gandeng Netflix

Film “Jumanji: The Next Level” Tayang di Indonesia, Berikut Sinopsisnya

Tayang 22 November, Inilah 10 Fakta Menarik dari Film Frozen 2

BOMBSHELL – Tata Rias Wajah dan Rambut Terbaik Oscar 2020

Besutan Jay Roach ini unggulkan penampilan wah tiga aktris: Charlize TheronNicole KidmanMargot Robbie. Tapi yang paling menyengat, dan miris, film ini berdasar kisah nyata. Sekelompok perempuan menuntut bos Fox News, Roger Ailes, atas dugaan pelecehan seksual. Yang menuntut juga bukan orang sembarangan: Dua perempuan terkenal pembawa berita TV.

Selain gaet Oscar 2020 untuk Tata Rias Wajah dan Rambut, Bombshell  juga gaet nominasi Aktris Pendukung Terbaik untuk Margot Robbie dan Aktris Terbaik untuk Charlize Theron.

JUST MERCY – Aktor Pendukung Terbaik AAFCA 2019 untuk Jamie Foxx

Just Mercy yang dibesut Destin Daniel Cretton, dibintangi Jamie Foxx, Charlie Pye Jr., Michael Harding, dan Brie Larson, kisahkan pengacara pembela Bryan Stevenson yang membebaskan tahanan terpidana mati, Walter McMillian, diperankan Foxx, dituduh membunuh seorang gadis tanpa bukti meyakinkan. Tuduhan yang didasarkan pada kebencian ras itu akhirnya dimenangkan Walter. Foxx pun gaet Aktor Pendukung Terbaik di ajang African-American Film Critics Association (AAFCA) 2019 untuk Aktor Pendukung Terbaik.

BIG EYES – Aktris Terbaik Golden Globes 2015 untuk Amy Adams

Amy Adams selalu digadang-gadang jadi peraih penghargaan atas pernah yang dimainkannya di film apa pun. Sayangnya, ia selalu dianggap underrated, misalnya dalam Oscar. Meski begitu, ia buktikan kualitasnya dalam Big Eyes. Golden Globes 2015 menganugerahinya Aktris Terbaik. Dibesut Tim Burton, didukung Christoph Waltz dan Danny HustonBig Eyes kisahkan bangkitnya pelukis Margaret Keane, kesuksesan fenomenal pada 1950-an, dan persoalan hukum yang ia alami dengan suaminya, yang mengklaim karyanya sebagai karya sang suami.

LION – Aktor Pendukung Terbaik BAFTA 2017 untuk Dev Patel

Film yang dihujan nominasi Oscar ini – setidaknya 6 kategori digaetnya – berakhir dengan dua kategori bergengsi di BAFTA 2017: Skenario Adaptasi Terbaik, dan Aktor Pendukung Terbaik untuk Dev Patel.

Disutradarai Garth Davis juga dibintangi Nicole Kidman dan Rooney MaraLion kisahkan bocah India lelaki berusia lima tahun yang diadopsi pasangan Australia setelah tersesat ratusan kilometer dari rumah. Setelah 25 tahun kemudian, ia mencari keluarganya yang hilang dengan .. Google Map!

SULLY – Film Terbaik AFI Awards USA 2017

Tom Hanks, si peraih dua Oscar, dalam Sully memerankan Chesley “Sully” Sullenberger, pilot yang jadi pahlawan setelah pesawat yang dikemudikannya bermasalah dan mendarat darurat di Sungai Hudson. Meski ia dianggap menyelamatkan ratusan penumpang, tak urung ia sempat didakwa bersalah karena dianggap melanggar undang-undang penerbangan. Sebuah tuduhan yang di kemudian hari tak terbukti.

Dibesut Clint Eastwood, juga didukung Aaron Eckhart dan Laura Linney, film ini gaet Film Terbaik versi AFI Awards USA, 2017 dan Awards of the Japanese Academy 2017 sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik.

THE GLASS CASTLE – Aktris Internasional Terbaik Golden Camera 2018, Jerman, untuk Naomi Watts

Inilah salah satu biopik tentang kehidupan keluarga paling menarik yang bisa kita tonton. Dibesut Destin Daniel Cretton, dibintangi Brie LarsonWoody Harrelson, dan Naomi WattsThe Glass Castle kisahkan cewek yang tumbuh dalam keluarga disfungsional, nomaden dan nonconformist, dengan ibu eksentrik dan ayah alkoholik. Film yang bangkitkan imajinasi anak-anak dengan harapan bisa jadi pengalih perhatian kemiskinan mereka.

Peran ibu bagi Naomi Watts akhirnya mengantarkannya sebagai Aktris Internasional Terbaik di ajang Golden Camera 2018, Jerman.

THE ZOOKEEPER’S WIFE – ‘Truly Moving Picture Award’ Heartland Film 2017

Film unik ini kisahkan pasangan suami isteri penjaga kebun binatang di Warsaw Zoo, Polandia, berlatar Perang Dunia II. Dibesut Niki Caro, berdasar biografi Diane Ackerman dan dibintangi Jessica ChastainJohan Heldenbergh, dan Daniel BrühlThe Zookeeper’s Wife kisahkan pasangan Antonina dan Jan Zabinski, yang menyelamatkan ratusan orang dan hewan selama invasi Nazi di PD II Polandia. Raih ‘Truly Moving Picture Award’ (semacam ‘Film Terbaik’) di ajang Heartland Film 2017.

THE WOLF OF WALL STREET – Aktor Terbaik Komedi/Musikal Golden Globes 2014 untuk Leo DiCaprio

Sebelum raih Aktor Terbaik 2015 lewat The RevenantLeonardo DiCaprio punya jejak perjuangan panjang meraih Oscar pertamanya. Salah satunya lewat The Wolf of Wall Street yang juga dibesut Martin Scorsese.

Juga dibintangi Jonah Hill dan Margot RobbieThe Wolf of Wall Street kisahkan Jordan Belfort, yang sukses jadi pialang saham, kehidupannya yang supermewah, dan kejatuhannya karena korupsi dan pelanggaran hukum federal. Gaet lima nominasi Oscar, film ini setidaknya gaet Aktor terbaik Komedi/Musikal di ajang Golden Globes 2014 untuk Leo.

Penulis: Wiseguy

Editor: Dhomz

Comment