by

Simak! Gejala Infeksi Covid-19 dan Cara Mencegah Penyebarannya Menurut Gugus Tugas Covid-19 KBB

BandungKita.id, ADVERTORIAL – Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Virus tersebut merupakan virus jenis baru dari keluarga Coronavirus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada sistem, pernapasan mulai dari gejala ringan hingga berat.

Gejala Infeksi Virus Corona

Orang yang terinfeksi virus ini akan menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Gejala infeksi coronavirus biasanya bergantung dari jenis virus dan seberapa serius infeksinya. Jika Anda mengalami infeksi pernapasan atas yang ringan hingga sedang, seperti flu biasa, gejala Anda terkena coronavirus adalah:

Ilustrasi : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Bandung Barat
  1. Hidung berair
  2. Sakit kepala
  3. Batuk
  4. Demam Tinggi
  5. Sakit tenggorokan
  6. Gangguan Pernapasan

Jenis visrus corona lain bisa menyebabkan gejala yang lebih serius. Infeksi ini dapat mengarah ke bronkitis dan pneumonia, terutama pada orang-orang dari kelompok berisiko.

Beberapa infeksi yang lebih parah akibat coronavirus adalah yang umumnya lebih sering terjadi pada pengidap gangguan hati dan jantung, atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, bayi, dan orang tua.

Bagaimana Penyebaran Virus Corona ?

Ilustrasi : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Bandung Barat
  1. Kontak Erat : seperti cium tangan, jabat tangan, atau berpelukan dengan pasien positif
  2. Menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi : Virus Corona dapat bertahan pada benda mati selama berjam-jam bahkan berhari-hari, kemudian menyentuh wajah (hidung, mata, dan mulut) jika anda tidak mencuci tangan.
  3. Droplet : Virus Corona ditularkan oleh mereka yang batuk dan bersin tanpa menutup mulut

BACA JUGA :

Waspada! Hilang Penciuman dan Pengecapan, Bisa Jadi Itu Gejala Covid-19

5 Tips Cara Menjaga Kesehatan di Masa New Normal

Simak! Tips Simpel Cegah Covid-19 Selama Traveling di Masa New Normal

Berikut 9 Langkah Cara Mencuci Tangan

Kebiasaan dalam cuci tangan menggunakan air saja tidak dapat melindungi setiap individu dari bakteri dan virus yang terdapat di tangan. Terlebih jika mencuci tangan tidak dibawah air mengalir.

Apalagi kebiasaan menggunakan dan berbagi wadah cuci tangan hal itu sama saja saling berbagi kuman dan tetap membiarkan kuman menempel pada tangan. Kebiasaan itu harus ditinggalkan dan dirubah menjadi yang lebih baik dengan standar prosedur melakukan cuci tangan menggunakan sabun.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, ada langkah-langkah mencuci tangan yang benar seperti dilansir dalam laman World Health Organization (WHO), Rabu (6/11). Berikut 9 langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO :

Ilustrasi : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Bandung Barat
  1. Basuh tangan dengan air : Langkah pertama, basuh tangan dengan air bersih yang mengalir hingga tangan basah.
  1. Oleskan sabun secukupnya : Setelah itu, ambil sabun cuci tangan dan tuangkan ke telapak tangan secukupnya.
  1. Gosokan telapak tangan : Kemudian, gosokkan ke telapak tangan secara menyeluruh dan pastikan semua bagian terkena sabun.
  1. Gosokan sela-sela jari : Selanjutnya, gosok sela-sela jari hingga merata. Bagian sela-sela jari merupakan tempat bersarang kuman yang paling digemari. Oleh karena itu, bagian ini tidak boleh luput ketika membersihkannya.
  1. Gosokan punggung jari : Berikutnya, gosok dan bersihkan bagian punggung jari dengan gerakan saling mengunci. Gerakan ini dilakukan untuk memastikan kuman benar-benar mati.
  1. Gosokan ibu jari : Untuk membersihkan ibu jari, lakukan dengan gerakan memutar dan lakukan secara bergantian karena ibu jari merupakan salah satu jari yang paling banyak melakukan aktivitas.
  1. Gosokan ujung jari : Bersihkan kuku dan ujung-ujung jari hingga saling bertemu. Gosokan ujung jari dengan gerakan menguncup. Cara ini dilakukan untuk memastikan kuku-kuku benar bersih dan kuman yang terdapat di kuku hilang.
  1. Bilas dengan air : Setelah semua tahapan selesai, bilas tangan dengan air bersih yang mengalir. Pastikan semua busa di tangan benar-benar bersih.
  1. Keringkan tangan : Terakhir, keringkan tangan yang sudah selesai dibilas menggunakan handuk sekali pakai.

BACA JUGA :

Simak! 5 Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi

Simak 11 Tips Aman dari Covid-19 Ketika Belanja di Pasar Ala Dokter Reisa

Amankah Olahraga Outdoor Ketika Pandemi? Ahli: Masker dan Jaga Jarak Saja Tidak Cukup

Lantas Bagaimana Cara Pencegahan dan Penyebaran Virus Corona ?

Ilustrasi : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Bandung Barat
  1. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik : Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi sumber penyakit. Cuci tangan dengan durasi minimal 20 detik untuk membunuh virus corona menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan kain yang bersih atau tisu.
  1. Memakai masker ketika keluar rumah : Penggunaan masker dapat meminimalisir penularan virus corona. Sebab, virus corona dapat menyebar melalui droplets dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui selaput lender seperti mata, mulut, dan hidung.
  1. Membersihkan tangan dengan cairan hand sanitizer berbasis alkohol : Menggunakan hand sanitizer atau pembersih tangan dianjurkan, jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun.
  1. Jika batuk/bersin tutup menggunakan siku bagian dalam : Virus corona bisa menular lewat droplet. Jadi saat bersin dan batuk, tutup dengan tisu atau lipatan tangan agar virus tidak menyebar ke orang lain. Jangan lupa untuk segera mencuci tangan setelahnya.
  1. Hindari berada dalam kerumunan : Hindari kerumunan dan jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain. Langkah ini bisa diterapkan saat berada di tempat umum atau luar ruangan sehingga kamu bsa mencegah terpapar virus corona.
  1. Memasak dan memanaskan makanan secara menyeluruh : Jangan lupa untuk mencuci bahan makanan sebelum dimasak atau dipanaskan di dalam lemari pendingin. Buah-buahan dan sayuran bisa dibersihkan dengan larutan hidrogen peroksida atau cuka putih yang sangat aman digunakan untuk makanan.
  1. Hindari bersentuhan dengan orang lain : Berpelukan, dan berjabat tangan, adalah hal yang harus dihindari. Dengan menghindari kontak kulit maka tak ada kemungkinan perpindahan virus dan kuman yang terjadi.
  1. Segera berkonsultasi dengan dokter/petugas kesehatan ketika timbul gejala sakit : Bila anda memiliki kondisi demam di atas 37,9o C disertai gejala penyakit pernapasan, seperti batuk, sesak napas, pilek, ataupun sakit tenggorokan atau pernah kontak dengan orang yang positif COVID-19 dan memiliki riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir, segeralah periksakan diri ke rumah sakit rujukan.
  1. Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter : Dengan menjaga jarak fisik dari orang lain, hal ini dapat mencegah virus menyebar dari satu orang ke orang yang lain.
  1. Membatasi melakukan perjalanan : Melakukan perjalanan atau tinggal di daerah yang zona merah COVID-19 (baik di dalam maupun di luar negeri) akan memperbesar resiko terpapar virus corona. Jadi sebaiknya dibatasi, namun apabila terpaksa dan dirasa perlu, lakukanlah perjalanan dengan mematuhi protokol kesehatan. (BandungKita.id).

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Informasi Covid – 19 Kabupaten Bandung Barat : https://pik.bandungbaratkab.go.id

HOTLINE Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat : 0895 2243 4611

Comment