by

Longsor Timbun 2 Rumah Warga di Lembang, Korban Hilang Belum Ditemukan

BandungKita.id, LEMBANG – Bencana tanah longsor menerjang dua rumah warga di Kampung Lebak Cihideung, RT 02/17, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Kamis (24/12/2020) malam.

Peristiwa ini dipicu hujan deras dan mengakibatkan satu keluarga sempat terjebak di dalam rumah. Hingga berita ini diturunkan, tiga dari empat korban berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat. Sedangkan seorang lagi masih dalam pencarian.

“Ada empat orang yang sempat terjebak di dalam rumah. Tiga berhasil dievakuasi dan kondisinya selamat. Satu lagi masih dicari,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo kepada BandungKita.id, Jumat (25/12/2020).

Duddy membeberkan, korban yang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat yaitu Adi (5), Dani (19), dan Ani Suryani (41).

BACA JUGA :

Dayeuhkolot Direndam Banjir 1,5 Meter, Warga Mengungsi Naik Perahu

Kronologi Ambruknya 3 Rumah di Bantaran Sungai Citepus Astanaanyar

Waspada Puting Beliung dan Longsor di KBB, BPBD Minta Warga Berlindung di Tempat Aman

Sementara korban hilang yang masih dalam proses pencarian adalah Ketua RT 02 Dedi Rohendi (43) yang merupakan suami dari Ani.

Hingga saat ini proses pencarian Dedi terus dilakukan oleh petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, relawan, serta dibantu masyarakat agak sulit dan terkendala. Sementara itu, tiga orang yang berhasil dievakuasi langsung dilarikan ke Puskesmas Jayagiri, Lembang.

“Proses evakuasi terhalang oleh reruntuhan bangunan dan tanah yang masih labil yang berpotensi terjadi longsor susulan,” kata Duddy.

Menurutnya, longsor ini terjadi karena curah hujan tinggi dan berlangsung cukup lama. Kemudian rumah yang rusak lokasinya berada dekat dengan tebing. Ketika tebing setinggi kurang lebih 10 meter itu longsor, material tanah langsung menimpa bangunan rumah

“Total ada dua rumah yang terdampak, dan semuanya mengalami rusak parah,” tandasnya. (Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment