Viral! Deklarasi Tentara Allah di Cihampelas KBB, Begini Tanggapan MUI

BandungKita.id, VIRAL – Deklarasi jemaah Jundullah atau Tentara Allah Video deklarasi jemaah Tentara Allah di sebuah masjid yang dilakukan oleh sekelompok orang di Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) viral di media sosial.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) KBB pun angkat bicara soal masalah ini. Dalam video berdurasi 2,51 menit itu, ada seorang pria bergamis putih memimpin deklarasi dengan diikuti oleh jemaah lainnya yang berbaris di samping sang pemimpin.

Ketua MUI KBB Muhammad Ridwan mengaku belum bisa menentukan apakah deklarasi tersebut menyimpang atau tidak. Sebab, pihaknya perlu terlebih dahulu mengecek informasi tersebut ke Masjid yang bersangkutan.

BACA JUGA :

Pemerintah Resmi Bubarkan FPI, Tagar #FPITerlarang Trending di Twitter

Komunitas Pers: Maklumat Kapolri Ancam Demokrasi, Begini Kata Kompolnas

Benarkah Corona Adalah Tentara Allah yang Sengaja Diturunkan untuk Menghukum Manusia? Begini Penjelasan Quraish Shihab

“Sebetulnya kita belum mengetahui informasi itu. Maksud dari deklarasinya apa, namanya apa, dan tujuannya apa. Jadi harus diketahui dulu siapa orangnya dan apa tujuannya, baru bisa ditentukan apakah menyimpang atau tidak,” ungkap Muhammad Ridwan dikutip dari detikcom, Senin (4/1/2021).

Lanjut Ridwan menjelaskan, jika dirasa bakal mengganggu keamanan, tentu akan ditindaklanjuti dengan pelarangan oleh MUI KBB dan pihak keamanan. Namun sebelumnya, perlu ditegaskan maksud dan tujuan adanya deklarasi jemaah Tentara Allah tersebut.

“Deklarasi seperti tergantung dari tujuannya, kalau maksudnya mengganggu keamanan masyarakat, tentu dilarang bukan hanya oleh MUI tapi oleh aparat hukum juga,” jelasnya.

Courtsey : Chalil Gibran

Sementara soal atribut dan lambang yang bakal digunakan, juga perlu dipastikan secara langsung pada pimpinan jemaah Tentara Allah.

“Termasuk soal atribut yang mereka pakai nanti harus dilihat lambangnya apa dan tujuannya apa. Sebetulnya selama tidak melenceng ya tidak apa-apa, terutama dari segi keamanan dan kondusifitas,” tandasnya. (Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id).

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment