by

Ledakan Tabung Gas: 2 Rumah di Cipongkor KBB Hangus Terbakar, Korban Butuh Bantuan

BandungKita.id, KBB – Musibah kebakaran terjadi di Kampung Ciseureuh RT 02 / RW 06, Desa Cijambu, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Jum’at (8/1/2021) dini hari. Api berasal dari ledakan tabung gas 3 Kilogram itu menghanguskan dua unit rumah warga hingga rata dengan tanah dan satu rumah lainnya ikut terdampak.

“Kebakaran terjadi akibat ledakan tabung gas elpiji meledak, api mulai membesar dari pukul 03.30 WIB. Ada 2 rumah dalam sekejap hangus terbakar karena terbuat dari bilik kayu sedangkan 1 lagi cuma rusak ringan,” tulis rilis Desa Cijambu yang diterima BandungKita.id, Jum’at (8/1/2021).

Kedua rumah yang hangus terbakar adalah milik seorang sepuh yang tinggal sebatang kara bernama Uu (80) dan Ani (36) ibu rumah tangga yang tinggal bersama tiga orang anak. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai 100 Juta Rupiah.

BACA JUGA :

Ada 5 Kasus Kebakaran di KBB dan Kabupaten Bandung Sepanjang 2020, Berikut Rinciannya

Menderita Luka Bakar Akibat Ledakan Tabung Gas, Gadis Asal Ciwidey ini Butuh Bantuan Anda

Sebuah Rumah di Cisarua Hangus Terbakar, Kerugian Mencapai Rp 100 Juta⁣

Salah saksi Topan Sopian (40) menjelaskan, api berhasil dipadamkan oleh warga secara swadaya. Pasalnya, unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) tidak bisa mencapai titik api lantaran berada di pelosok kampung yang akses jalannya masih tanah.

“Ditambah posisinya yang jauh dari jalan raya terdekat menyebabkan petugas kesulitan. Jadi warga sendiri yang padamkan apinya,” ujar Ketua LSM Gerakan Masyarakat Bersatu (GMB) KBB itu.

Pantauan dari lapangan, korban masih mengais sisa-sisa barang di rumahnya yang hangus terbakar. Mereka berharap masih ada harta dan benda yang bisa diselamatkan namun sayangnya semua telah menjadi debu dan arang.

Lantaran keluarga korban tidak ada satupun yang memiliki Telepon Seluler, bagi anda para dermawan atau pihak yang ingin ikhlas membantu meringankan beban korban, dapat langsung menyerahkan donasi dengan menghubungi warga setempat (Dadan) di nomor 081572362418.

Donasi anda akan disalurkan dalam bentuk bantuan darurat seperti makanan siap santap, air minum, obat-obatan, selimut, dan peralatan lainnya. Bahkan jika memungkinkan, kediaman korban akan dibangun kembali. (Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment