by

Siap-siap! Penerapan PPKM Level 3 di KBB Bakal Dilakukan Hingga 25 Juli 2021

BandungKita.id, KBB – Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) resmi mengeluarkan intruksi terbaru yang tertuang dalam Intruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi salah satu daerah yang mengimplementasikan Inmedagri tersebut lantaran menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang masuk PPKM Level 3.

Kebijakan PPKM Level 3 KBB tersebut akan dilaksanakan hingga 25 Juli 2021 sesuai dengan keputusan pemerintah pusat.

Ketua Harian Satgas Covid-19 KBB, Asep Sodikin mengatakan, tidak banyak perubahan kebijakan yang diterapkan dalam PPKM Level 3 ini. Namun ada beberapa hal yang lebih dimaksimalkan.

“PPKM Darurat yang kemarin diterapkan telah efektif menekan angka mobilitas warga dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19,” katanya kepada wartawan, Rabu (21/7/2021).

Ia menambahkan, sejauh ini pihaknya mengoptimalkan upaya vaksinasi dan melakukan tracing serta testing yang lebih masif. Hal tersebut dilakukan agar penanganan Covid-19 di wilayahnya lebih optimal.

“Data real di lapangan terkait penyebaran di wilayah kita akan semakin terbuka karena testing dan tracing terus dilakukan,” katanya.

Asep menyebut, pihaknya pun saat ini akan menuntaskan beberapa persoalan yang berkaitan erat dengan ketersediaan IGD RSUD rujukan Covid-19 dan stok oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 bergejala klinis.

“Pengadaan IGD serta kebutuhan oksigen itu akan dilakukan secara berbarengan karena keduanya merupakan hal yang penting dan dibutuhkan saat ini,” sebutnya.

Baca Juga:

Cerita Ojol di Bandung, Dampak PPKM Darurat Bikin Penghasilan Menurun Drastis

Massa Gabungan Demo Tolak PPKM di Balaikota Bandung, Pedagang: Kontrakan Tetap Harus Bayar

Waduh! Ternyata Selama Dua Tahun DKM Masjid Ash-Shiddiq Tak Pernah Terima Titipan Kurban dari ASN KBB

Ia mengimbau, masyarakat senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai dengan imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai virus Corona di Kabupaten Bandung Barat.

“Tentunya kita lebih masif mensosialisasikan pemakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” imbaunya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 KBB pertanggal 20 Juli 2021 menyebut, hingga saat ini kasus terkonfirmasi positif mencapai 14.315 kasus. Dari jumlah tersebut, setidaknya sebanyak 1.812 orang merupakan kasus aktif.

Sementara itu, sebanyak 12.311 orang dinyatakan sembuh dan 192 orang diantaranya meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu, 20 RT di wilayah Kabupaten Bandung Barat berada pada risiko zona merah.

Sejauh ini, dari total target vaksinasi sebanyak 1. 396.176 orang yang dilakukan Pemkab Bandung telah terealisasi vaksin 1 sebanyak 235.605 orang (16,88%) dan vaksin 2 sebanyak 124 .955 orang (8,95%). (Agus SN/BandungKita.id) ***

Editor: Agus SN

Comment