by

Lantik Komponen Cadangan 2021 di Batujajar, President Ingatkan Ini!

Bandungkitaid, BATUJAJAR – Sebanyak 3.103 pasukan komponen cadangan di Batujajar Kabupaten Bandung Barat dilantik Presiden Joko Widodo, , Kamis 7 Oktober 2021.

Dalam pidatonya, Jokowi menjelaskan pelantikan pasukan komponen cadangan ini sebagai upaya memperkuat pertahanan nasional dan mewujudkan sistem pertahanan dan keamanan semesta. Di mana di dalamnya tak hanya terdapat unsur TNI saja, tapi juga seluruh masyarakat dan sumber nasional lainnya.

“Kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa adalah segala-galanya. TNI sebagai komponen pertahanan utama selalu siaga. Namun perlu didukung oleh komponen cadangan dan komponen pendukung lainnya,” papar Jokowi dalam sambutannya.

Dengan tegas, Jokowi juga menjelaskan masa aktif komponen cadangan ini tidak setiap waktu, menurutnya, Setelah ditetapkan mereka akan kembali kepada lingkungan masyarakat dan menjalani profesi masing-masing.

Presiden juga menyebut, mereka harus tetap siap tatkala sewaktu-waktu harus dipanggil negara untuk bertugas mengamankan wilayah. “Masa aktif mereka hanya saat pelatihan dan menjalani mobilitas. Setelah ini mereka kembali ke profesi masing-masing. Tapi jika dalam keadaan darurat atau ada perang harus siap dipanggil,” terangnya.

Tidak lupa, Jokowi berterimakasih kepada masyarakat yang mau ikut seleksi dan mendapatkan pelatihan dasar kemiliteran secara suka rela untuk menjadi pasukan komponen cadangan. Menurutnya hal itu sebagai wujud bela negara.

“Saya ucapkan terimakasih kepada saudara-saudara yang suka rela daftar dan ikut pelatihan menjadi komponen cadangan ini. Hal itu bentuk bela negara,” pungkasnya.

Dalam laporan yang disampaikan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, jumlah Anggota Komponen Cadangan TNI tahun 2021 mencapai 3.103 orang.

Ribuan Anggota Komponen Cadangan TNI tahun 2021 merupakan hasil proses dari berbagai. Dari mulai pendaftaran dan seleksi, latihan dasar kemiliteran hingga ditetapkanlah 3.103 orang.

Mereka berasal dari Rindam Jaya sebanyak 500 orang, Rindam III/Siliwangi sebanyak 500 orang, Rindam IV/Diponegoro sebanyak 500 orang, Rindam V/Brawijaya sebanyak 500 orang, Rindam XII Tanjungpura sebanyak 499 orang dan Universitas Pertahanan sebanyak 604 orang. (Dhomz/Bandungkitaid)

Comment