by

Juara Umum PON XX Papua, Jabar Ukir Sejarah

BandungKita.id, Olahraga – Kontingen Provinsi Jawa Barat dipastikan menjadi juara umum perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Pasalnya dengan raihan 353 medali, Jabar tak mungkin dikerja oleh kontingen dari provinsi lainnya.

Melansir dari lama resmi PON XX Papua 2021, kontingen Jabar hingga Kamis (14/10/2021) pukul 21.00 WIB masih memimpin puncak peraihan medali karena telah mengantongi 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu.

Raihan medali tersebut pun sudah dipastikan tidak akan bisa dikejar oleh DKI Jakarta yang berada diurutan kedua dengan raihan total 301 medali yakni 110 emas, 91 perak, dan 100 perunggu.

Sementara itu kontingen Jawa Timur harus turun satu tingkat ke posisi tiga digeser oleh DKI Jakarta. Karena Jawa Timur hingga kini mengoleksi total 287 medali dengan rincian 110 emas, 89 perak, dan 88 perunggu.

Baca Juga

Waduh! Belum Cetak Gol Striker Persib Ini Malah Cedera

Jelang Lawan Bhayangkara FC, Pelatih Persib Bingung Pilih Pemain Inti

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat yang juga sebagai Chief de Mission Kontingen PON Jabar, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, raihan tersebut merupakan hasil dari kerja keras semua atlet yang terus berjuang.

“Ini adalah hasil dari keteguhan, kedisiplinan dan kerja keras para atlet. Mereka sudah dipersiapkan dan diandalkan. Kemampuan sudah baik dan terus ditingkatkan. Mereka juga sekaligus sebagai pahlawan daerah karena berhasil menorehkan prestasi terbaiknya di masa pandemi covid-19,” kata Setiawan.

Diakui Setiawan, Pencapaian Jabar pada PON Papua 2021 kemudian melahirkan sejarah baru dalam dunia olahraga Tanah Air. Pasalnya Jabar menjadi juara umum PON untuk kedua kalinya secara berturut-turut yakni pada 2016 sebagai tuan rumah dan kini berjaya di tanah Papua. (Faqih Rohman Syafei)

Comment