by

Ratusan Rumah di KBB Alami Rusak Berat Saat Hujan Disertai Angin Kencang Turun di 3 Desa Ini!

Bandungkitaid, CIPATAT – Sekitar pukul 15.00 WIB, 219 rumah yang tersebar di tiga desa di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat rusak akibat diterjang hujan intensitas tinggi dan angin kencang pada Selasa (11/1/2021).

BPBD KBB menyebut, Desa kerta mukti menjadi wilayah yang paling terdampak, dampak terjadi di 8 RW. Sementara itu, Kampung Ciparang Desa Citatah 2 RW dan Desa Cipatat 13 RW.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, kejadian tersebut menimpa tiga desa di Kecamatan Cipatat pada Selasa (11/1) lantaran hujan deras disertai angin kencang.

Tonton Juga:

“Akibat kejadian tersebut setidaknya 219 rumah terdampak dan 23 rumah diantaranya mengalami rusak berat. Sedangkan 195 rumah mengalami rusak ringan dan satu rumah rusak sedang,” katanya, Rabu (12/1/2021).

“Selain atap yang rusak karena diterjang angin ada juga yang tertimpa pohon sehingga menimpa jalan, rumah warga serta jaringan kabel listrik dan kabel telpon,” katanya.

Ia menyebut, usai menerima laporan tersebut pihaknya bersama Muspika setempat langsung melakukan assessment ke lokasi dan mengevakuasi rumah serta korban terdampak bencana.

Tonton Juga:

“Unit Reaksi Cepat BPBD-KBB langsung ke lapangan dan Pembersihan pohon tumbang dengan mesin chainsaw serta verifikasi data korban.Evakuasi pohon tumbang yg menutup badan jalan telah selesai, akses kembali terbuka dapat dilalui R4 dan R2,” katanya.

Duddy menegaskan, berdasarkan hasil assessment yang dilaksanakan pihaknya tidak akan membangun tenda darurat. Pasalnya, sejak kemarin malam masyarakat bersama petugas telah melakukan perbaikan.

“Rata-rata rumah yang terdampak masih bisa ditempati dan sejumlah perbaikan rumah terdampak sudah dilakukan,” pungkasnya. (Thar*)

Editor: Dhomz

Comment