by

Jamon, Kades Non Aktif Cikole Lembang Diputus Bebas!

BandungKitaid, BANDUNG – Ketua majelis hakim T Benny Eko Supriyadi, membacakan putusan sela terdakwa Jajang Ruhiyat yang sebelumnya didakwa korupsi pengalihan aset desa senilai Rp50 Miliar oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung pada Rabu (12/1/2022).

Hakim menyatakan dakwaan jaksa penuntut umum gugur dan meminta terdakwa dibebaskan dari bui.

“Menyatakan dakwaan penuntut umum batal demi hukum,” ucap ketua majelis hakim saat membacakan putusan sela. hakim juga menilai dakwaan yang dibacakan oleh jaksa penuntut umum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar tidak bersesuaian sehingga mememerintahkan Jajang untuk segera dikeluarkan dari tahanan. “Dikeluarkan dari tahanan setelah putusan dibacakan,” ungkapnya.

Baca Juga:

Polda Jabar Tahan Kades Lalu Sebut Kemungkinan Ada Tersangka Baru di Kasus Cikole Lembang

Terbaru!! Berstatus Tersangka, Hengky Kurniawan Berhentikan Sementara Kepala Desa Cikole

Babak Baru! Kasus Pelepasan Tanah Carik Desa Cikole Lembang Mulai Diperiksa APH

Masih ditempat yang sama, kuasa hukum Jajang, Rizki Rizgantara dan Teamnya menyebut putusan yang diambil hakim sudah tepat dan Rizky pun mengapresiasinya. Beberapa materi eksepsi yang diajukan, kata Rizki, digunakan untuk dasar memutuskan.

“Kami mengapresiasi majelis hakim karena telah membuat putusan sela berdasarkan hukum dan keadilan serta mempertimbangkan materi eksepsi kami bahwa majelis hakim sependapat dengan kami,” ujar Rizki saat ditemui wartawan usai persidangan.

Yang menarik, pihaknya akan mengajukan surat permohonan kepada Jaksa Agung, Jampidsus hingga Kejati Jabar dapat melakukan eksaminasi khusus dalam perkara ini.

“Karena idealnya perkara yang dihadapi klien kami tak seharusnya dibawa persidangan, Karena pada pokoknya perkara ini tidak ada kerugian negara,” ungkap dia.

Sebelumnya diberitakan, Kades Jajang dicopot sementara dari jabatannya oleh Hengky pada 6 September 2021 yang tertuang dalam surat keputusan Bupati Bandung Barat Nomor 141.1/Kep.428-DPMD/2021 tentang Pemberhentian Sementara Kepala Desa Cikole, Lembang. Aset tanah carik desa yang dihapus berada di Persil 57 blok Kampung Lapang, Desa Cikole.

Pria yang akrab disapa Jajang Monas tersebut awalnya berstatus sebagai saksi. Akan tetapi, status Jajang naik menjadi tersangka oleh Polda Jabar melalui surat Nomor B/909/VI/2021/Dit Reskrimsus tanggal 7 Juni 2021.

Baca Juga:

Menakar Keresahan Warga Kampung Lapang Desa Cikole dan 14 Bukti Alasan Kades Melepas Hak Penggarap

(Dhomz/Bandungkitaid)

Comment